Longsor Ancam 15 Rumah Warga Rahtawu Kudus

Bagian rumah warga yang terkena longsor di Rahtawu, Kudus. (ISTIMEWA)

Bagian rumah warga yang terkena longsor di Rahtawu, Kudus. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus – Longsoran yang beberapa kali menimpa Desa Rahtawu, Gebog, Kudus, semakin mengkhawatirkan. Karena, longsoran mengancam permukiman warga setempat.

Kepala Desa (Kades) Rahtawu, Sugiyono mengatakan, longsor terjadi beberapa kali pada musim hujan kali ini. Dengan lokasinya berada di tebing. “Longsoran bahkan ada yang sangat dekat dengan permukikan. Kami siaga terhadap adanya longsoran lagi,” kata Sugiyono di Kudus, Sabtu (4/2/2017).

Dari pantauannya, ada sekitar 15 rumah yang terancam longsor. Dari jumlah itu, ada bagian rumah yang sudah ambles, seperti halnya dapur dan sisi lainnya. Sekitar 15 rumah warga tersebar di berbagai  sudut Desa Rahtawu.

Di antaranya, empat rumah di RT 04 / RW 04, lalu lima rumah lainnya berada di RT 01 / RW 04, serta dua rumah di RT 3 / RW 5, dan beberapa rumah lain di Pedukuhan Wetan Kali. ‎”Melihat hal itu saya langsung laporan, seperti kepada kecamatan, kepolisian dan juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus. Sesuai dengan prosedur tentunya,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar melakukan ronda secara gantian setiap harinya. Hal itu untuk mengantisipasi jatuhnya korban bila longsor tiba setiap saat.

Info terakhir, kata dia Kamis (2/2/2017) kemarin, terdapat tiga titik rekahan tanah, yang baru. Rekahan itu, berpotensi longsor dan mengancam tiga rumah penduduk. Untuk itu dia menginstruksikan warga untuk menjauhi lokasi itu.

Editor : Akrom Hazami