Mengenal Jahari, Prajurit TNI AD yang Jadi Mantri di Desa Kembang Pati

Kopka Jahari, anggota TNI yang menjadi mantri tengah menyunat anak di tempat praktiknya, Desa Kembang, Dukuhseti, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Kopka Jahari, anggota TNI yang menjadi mantri tengah menyunat anak di tempat praktiknya, Desa Kembang, Dukuhseti, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Seorang prajurit TNI AD tidak selamanya hanya berkecimpung di dunia pertahanan dan keamanan. Saat ini, prajurit TNI juga dituntut untuk memiliki beragam kemampuan yang bermanfaat untuk masyarakat di wilayah teritorialnya.

Kopka Jahari, misalnya. Anggota TNI asal Dukuh Sumurtowo RT 6 RW 4, Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati ini menjadi mantri untuk membantu masyarakat yang butuh bantuan medis. Sebab, desa tersebut terbilang cukup jauh dari puskesmas.

“Saya termotivasi dari kondisi kampung saya yang letaknya di pinggir pantai utara dan jauh dari jangkauan medis puskesmas yang jaraknya cukup jauh. Dari kondisi itu, saya termotivasi untuk membantu puskesmas melayani masyarakat dalam hal penanganan di bidang kesehatan,” ujar Kopka Jahari, Kamis (2/2/2017).

Sehari-hari, prajurit berpangkat kopral kepala ini melayani pertolongan pertama kepada masyarakat, mulai dari pemberian pengobatan simtomatis yang sifatnya sementara. Bila pasien tidak kunjung sembuh, ia biasanya menyarankan untuk berobat ke puskesmas atau rumah sakit.

Tak jarang, Kopka Jahari juga melayani khitanan. “Semoga masyarakat bisa terbantu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Langkah saya menjadi mantri mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, mulai dari Pak Dandim Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma, Pak Danramil dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati. Saya sudah diberikan izin praktik keperawatan,” tuturnya.

Lulusan Akademi Keperawatan (Akper) STIKES Muhammadiyah Kudus ini merintis profesi sebagai mantri sejak 2006. Dia bangga menjadi seorang anggota militer, sekaligus mantri yang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. “Selagi dibutuhkan masyarakat, kami akan selalu melayani masyarakat dengan jiwa merah-putih,” pungkas Kopka Jahari.

Editor : Kholistiono