Bulog Subdivre II Pati Optimis Bisa Serap Beras 100 Ribu Ton dari Petani Selama 2017

Wakil Ketua Perum Bulog Subdivre II Pati Refianto. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Wakil Ketua Perum Bulog Subdivre II Pati Refianto. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Bulog Subdivre II Pati optimis bisa menyerap beras sebanyak 100 ribu ton dari petani sepanjang 2017. Hal itu dikatakan Wakil Ketua Perum Bulog Subdivre II Pati Refianto.

“Tahun ini, kita sudah sangat optimis bisa menyerap dari petani sebanyak 100 ribu ton. Target itu sesuai dengan apa yang diharapkan Bulog Divisi Regional Jawa Tengah. Bahkan, tahun ini kita juga optimis akan melampaui target,” ucap Refi.

Optimisme Bulog dalam menyerap 100 ribu ton beras dari petani bukan tanpa alasan. Namun, pihaknya mendasarkan pada serapan beras tahun lalu yang mencapai 115 ribu ton. Jumlah itu diakui sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan beras di wilayah Karesidenan Pati.

Menurutnya, banyak lahan padi yang produktif di Karesidenan Pati. Terlebih, sebagian besar penduduk merupakan petani yang punya lahan luas. Karenanya, target serapan beras 100 ton dianggap cukup mudah dilakukan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan para petani di wilayah Karesidenan Pati. Selain bisa menjual berasnya ke Bulog, petani diharapkan bisa meningkatkan kualitas beras yang dihasilkan sehingga sesuai dengan standar yang ditetapkan Bulog,” tuturnya.

Pihak Bulog sendiri tidak akan mau mengambil risiko dengan menerima beras dari petani yang kualitasnya rendah. Sebab, hal itu terkait dengan penyediaan beras Bulog yang berkualitas tinggi untuk masyarakat.

“Kalau kualitas beras dari petani tidak sesuai standar, kasihan konsumen. Soalnya, beras itu nanti akan digunakan untuk memasok kebutuhan beras masyarakat. Karenanya, sebisa mungkin Bulog menyediakan beras berkualitas baik dengan harga terjangkau,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono