Pembersihan Bekas Banjir Bandang Wonosoco Kudus Makan Waktu Sebulan 

pembersihan banjir

Alat berat membersihkan sisa endapan lumpur bekas banjir bandang Wonosoco Kudus, Senin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Pascabanjir bandang yang menghantam wilayah Desa Wonosoco Undaan, Kudus, menyisakan kumpulan lumpur yang mengendap. Untuk membersihkan sisa banjir secara keseluruhan, membutuhkan waktu hingga sebulan lamanya.

Kades Wonosoco Undaan Setiyo Budi mengatakan, waktu pembersihan sisa banjir yang lama disebabkan banyaknya lumpur yang mengendap. Kondisi tersebut menyebar di sejumlah tempat termasuk di kawasan wisata Wonosoco.

“Kalau bersih secara keseluruhan bisa sampai sebulan. Sebab lumpurnya sangat banyak dan paling parah pada objek wisata Wonosoco. Seperti halnya kolam renang yang penuh dengan lumpur,” katanya kepada MuriaNewsCom di lokasi, Senin (23/1/2017).

Menurutnya, pembersihan juga dilakukan secara bertahap. Seperti halnya semenjak banjir Jumat lalu sudah sedikit dibersihkan bersama tim, dan kini ditunda dan menunggu waktu lagi guna membersihkan kawasan dari sisa lumpur.

Dikatakan, banjir telah memporak-porandakan lokasi wisata. Terlihat pagar sepanjang 20 meter yang baru dibangun tahun kemarin, di awal 2017 sudah hancur diterjang banjir. Padahal, tembok sebelumnya juga hancur oleh banjir bandang di 2015 lalu. “Yang hancur saja belum sempat di cat. Tapi bagaimana lagi nanti bisa dibenahi lagi,” ungkapnya.

Selain pembersihan lumpur, juga dilakukan perataan batu yang terbawa banjir dan pendalaman sungai. Untuk itu, satu buah alat berat dari pemkab diterjunkan guna menata sungai agar lebih lancar dilalui air.

“Kami berharap ada bantuan untuk menata sungai dan membuat sabo. Jadi bisa membendung bencana yang mungkin bisa saja terjadi nanti,” ungkap dia.

Editor : Akrom Hazami