Begini Reaksi Ganjar ketika Ada Siswa SMAN 1 Mlonggo Minta Sekolahannya Diperluas

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berkunjung ke SMAN 1 Mlonggo, Kamis (19/1/2017). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berkunjung ke SMAN 1 Mlonggo, Kamis (19/1/2017). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Jepara – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendatangi SMAN 1 Mlonggo, Kamis (19/1/2017). Hal ini sebagai bagian dari kegiatan program “Gubernur Mengajar” yang sudah berjalan sejak dirinya menjabat.

Dalam kesempatan ini, Ganjar juga melakukan dialog dan tanya jawab dengan siswa. Ada yang cukup menarik, ketika salah satu siswa mengajukan usulan kepada Ganjar. Yakni terkait dengan perluasan sekolah.

“Sebenarnya saya punya usul, yakni bagaimana caranya untuk melebarkan sekolah ini. Sebab, di sebelah barat gedung SMAN 1 Mlonggo ini masih ada tanah milik desa. Nah, apakah tanah itu bisa dibeli provinsi untuk dihibahkan ke sekolah?, ” tanya Ahmad Baharudin, siswa kelas XI kepada Ganjar.

Mendapat pertanyaan seperti itu, Ganjar pun tersenyum dan menanggapinya dengan guyonan. “Memangnya Kamu berani ketemu ketemu Pak Kadesnya untuk meminta supaya tanah desa bisa dibeli? Kalau memang Pak Kades membolehkan, maka nantinya bisa dilaporkan ke pihak terkait supaya ditindak lanjuti. Akan tetapi, bila kadesnya tak membolehkan untuk dijual maka ya tidak jadi,”  jawan Ganjar.

Pada kesempatan tersebut, siswa juga merespon positif terkait dengan beberapa hal yang disampaikan oleh Ganjar. Di antaranya terkait dengan berita hoax, yang diminta agar siswa tidak mudah percaya dengan hal tersebut.

“Sebagai siswa yang memang sering mengakses internet, kita harus pintar-pintar menyaring berita dengan cara membuktikan kebenarannya. Kita harus mau bertanya kepada orang yang memang mengerti, agar kita tidak salah menangkap dari isi berita,” ujar Wildan, siswa kelas XII IPA.

Ia juga mengakui, bahwa dengan adanya berita hoax, semua masyarakat bisa dibingungkan. Sehingga, setiap pengguna media sosial harus bisa melihatnya dari berbagai sudut. Tak kalah penting menurutnya adalah, memiliki pikiran positif terhadap sesuatu hal, sehingga tidak terjerumus.

Editor : Kholistiono