2 Calon Petahana, Pilkada Jepara Dinilai Rawan dengan Keterlibatan ASN Dalam Politik Praktis

Ketua Bawaslu Jawa Tengah Abhan Misbah (kiri). Dirinya menilai, pilkada Jepara yang calonnya merupakan petahana, rawan dengan adanya keterlibatan ASN sebagai tim sukses calon. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Ketua Bawaslu Jawa Tengah Abhan Misbah (kiri). Dirinya menilai, pilkada Jepara yang calonnya merupakan petahana, rawan dengan adanya keterlibatan ASN sebagai tim sukses calon. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Jepara – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi salah satu permasalahan krusial Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Bagi daerah yang petahana kepala daerah dan wakil kepala daerahnya maju masing-masing, seperti halnya di Jepara, ASN sangat dimungkinkan terbelah dan juga rawan terlibat dalam politik praktis, di antaranya menjadi tim sukses dari pasangan calon.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Abhan Misbah mengatakan, keikutsertaan Marzuqi dan Subroto besaing sebagai calon bupati dalam Pilkada Jepara 2017 ini, rawan dengan adanya mobilisasi pergerakan ASN untuk mendukung pasangan calon.

“Kedua calon bupati ini kan dulunya berpasangan dan terpilih menjadi bupati dan wakil bupati. Sekarang, keduanya bersaing di Pilkada 2017 ini. Tentunya, dengan kondisi itu, pasti ASN akan rawan sekali masuk ke jajaran tim sukses mereka. Sebab, keduanya pastinya mempunyai kedekatan tersendiri dengan ASN. Sehingga ASN kini rawan sekali untuk masuk ke tim sukses,” ungkapnya.

Sementara itu saat disinggung mengenai kondisi pilkada di Jepara, ia mengutarakan bahwa sampai saat ini masih berjalan dengan kondusif serta berjalan dengan dinamis.

“Saat ini menurut pemantauan yang kondisi masih baik, kondusif dan dinamis. Keadaan tersebut juga tidak terlepas dengan peran masyarakat yang saat ini sudah mulai melek demokrasi,” ucapnya.

Dia menambahkan, sejauh ini sudah ada puluhan laporan dugaan pelanggaran pidana yang masuk dari tujuh kabupaten atau kota di Jawa Tengah yang menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2017. “Dari sejumlah laporan dan temuan itu, didominasi soal keterlibatan ASN  dan politik uang,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono