PDAM Kudus Targetkan Kebutuhan Air Bersih Warga Tercukupi

ILUSTRASI

ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Kudus – Direktur PDAM Kudus Ahmadi Safa mengatakan, saat ini sekitar 50 sumur produksi sudah dimiliki PDAM. Namun itu masih kurang jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kudus.

“Saat ini debet air di angka 2 juta kubik per tahun. Kami harus mengejar angka 5 ribu kubik per tahun untuk memenuhi Masyarakat Kudus,” katanya kepada MuriaNewsCom di Kudus, Kamis (12/1/2017). 

Menurutnya, untuk mengejar 5 kubik setahun, pihaknya akan membuat beberapa sumur produksi lainnya. Pihaknya sudah menyiapkan anggaran untuk menambah sumber air baru untuk kebutuhan pelanggan.

Selain itu, pada 2018 mendatang Logung direncanakan sudah jadi. Airnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat Kudus melalui jaringan PDAM. Sambil menunggu Logung rampung, PDAM juga bakal membuat sejumlah embung-embung kecil di kawasan Dawe. “Targetnya 2018 mulai start. Sehingga mudah-mudahan sebelum akhir tahun selesai dan dapat dimanfaatkan untuk seluruh masyarakat Kudus,” ungkapnya.

Dia mengatakan, pada tahun ini juga pihaknya akan menambah jaringan perluasan pelanggan. Jika di 2016 lebih mengutamakan kawasan selatan seperti Jati dan Undaan, maka di 2017 ini jaringan baru bakal dibuat untuk kawasan barat.

Editor : Akrom Hazami