Puluhan Perguruan Tinggi Ikut Ramaikan Pameran Pendidikan di Rembang

Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto (dua dari kiri) saat meninjau salah satu stand pameran pendidikan di Gedung Kartini Rembang. (Humas Setda Rembang)

Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto (dua dari kiri) saat meninjau salah satu stand pameran pendidikan di Gedung Kartini Rembang. (Humas Setda Rembang)

MuriaNewsCom, Rembang – Sebanyak 40 perguruan tinggi yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ikut serta dalam pameran pendidikan yang berlangsung di Gedung Balai Kartini Rembang.

Pameran yang berlangsung selama dua hari, yakni pada 4-5 Januari 2017 ini, merupakan event rutin tahunan yang terselenggara atas inisiatif dari Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA/SMK dan MA Kabupaten Rembang.

Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, tugas dan kewajiban institusi pendidikan tidak hanya berkisar pada mengajar dan mendidik siswa saja,  tetapi juga memberikan pengetahuan tentang sekolah lanjutan yang diminati dan sesuai dengan bakat kemampuan siswa untuk memenuhi kebutuhan akan informasi tentang perguruan tinggi.

“Selama ini, sebagian besar siswa memperoleh informasi perguruan tinggi atau lembaga pendidikan melalui teman, guru, dan internet ataupun dari pihak lain yang belum tentu mampu memberikan informasi dan gambaran lengkap tentang perguruan tinggi dan prospek kedepannya. Untuk itu, diperlukan kegiatan tatap muka antara pihak perguruan tinggi dengan siswa, sehingga informasi lengkap tentang jurusan, fasilitas, visi, dan misi, bisa diperoleh siswa,” ujarnya.

Wabup meminta kepada para siswa, agar bisa memanfaatkan sebaik-baiknya pameran pendidikan tersebut.  Secara tidak langsung, menurutnya, event tersebut berkontribusi terhadap upaya mendorong meningkatnya SDM yang unggul dan professional di Kabupaten Rembang.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Nur Cahyo mengatakan, tahun ini perguruan tinggi yang berpartisipasi jumlahnya lebih sedikit. Pasalnya panitia ingin mengutamakan kenyamanan para siswa dalam berkonsultasi.

“Setingan stand kita buat lebih longgar. Sehingga siswa bisa lebih leluasa untuk memperoleh informasi tentang peluang-peluang di jenjang pendidikan berikutnya sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki.  Selain itu, mitra juga lebih leluasa untuk menjelaskan tentang prodinya masing-masing,” katanya.

Dari laporan mitra perguruan tinggi yang rutin setiap tahunnya ikut, katanya, ada pertambahan jumlah mahasiswa dari Kabupaten Rembang.

Editor : Kholistiono