Polisi Kawal Ketat Pencetakan Surat Suara Pilkada Pati

Kabag Ops Polres Pati Kompol Sundoyo (kanan) saat mengecek pencetakan perdana surat suara Pilkada Pati bersama KPU dan Panwas di Sidoarjo. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Kabag Ops Polres Pati Kompol Sundoyo (kanan) saat mengecek pencetakan perdana surat suara Pilkada Pati bersama KPU dan Panwas di Sidoarjo. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Pencetakan surat suara Pilkada Pati untuk pertama kalinya telah dilakukan di PT Temprina Media Grafika, Sidoarjo, Jawa Timur. Pencetakan perdana itu disaksikan komisioner KPU Pati, Panwas Pati, dan polisi.

Kabag Ops Polres Pati Kompol Sundoyo yang mengawal pencetakan perdana surat suara tersebut mengatakan, ada 1.062.995 surat suara yang dicetak untuk pesta demokrasi di Pati 15 Februari 2017 mendatang. Jumlah itu dihitung berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) plus 2,5 persen.

“Pencetakan sesuai DPT dan cadangan 2,5 persen dengan total 1.060.995 surat suara. Sedangkan untuk yang 2.000 adalah surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU). Bersama KPU dan Panwas, kami bersama-sama ikut mengawal dan menyaksikan,” ujar Kompol Sundoyo, Kamis (5/1/2017).

Pencetakan surat suara dijadwalkan selesai pada Senin (10/1/2017) mendatang. Setelah surat suara selesai dicetak di perusahaan percetakan, surat suara yang sudah dikirim ke KPU Pati akan dilakukan penyortiran dan pelipatan suara.

Ketua KPU Pati Much Nasich menambahkan, surat suara akan segera dikirimkan ke tingkat kecamatan, setelah proses sortir dan pelipatan selesai. Sesuai jadwal, surat suara harus sampai di tingkat kecamatan, tujuh hari sebelum pemungutan suara.

Di tingkat tempat pemungutan suara (TPS), surat suara dan kebutuhan logistik lainnya dijadwalkan tiba tiga hari sebelum pemungutan suara. Dia berharap, semua distribusi logistik berjalan sesuai jadwal dan ketentuan dalam Peraturan KPU.

Editor : Kholistiono