Gara-gara Kantor Balai Desa Kalirejo Tutup saat Jam Layanan, Semua Perangkat Dapat SP 1

Acara pembinaan yang diberikan khusus oleh Camat Undaan kepada Perangkat Desa Kalirejo di aula kecamatan setempat, Kamis (5/1/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Acara pembinaan yang diberikan khusus oleh Camat Undaan kepada Perangkat Desa Kalirejo di aula kecamatan setempat, Kamis (5/1/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Seluruh perangkat Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kudus, mendapatkan Surat Peringatan pertama (SP 1) dari kepala desa. SP 1 diberikan setelah pelayanan buruk diberikan oleh petugas kepada warganya.

Agus Harianto, Kepala Desa Kalirejo mengatakan SP 1 sudah diberikan kepada seluruh perangkat desa atas kelalaiannya pulang sebelum waktunya. Dia merasa malu kepada warganya. Untuk itulah dia meminta maaf kepada warganya dan menghukum dengan menjatuhkan SP tersebut.

“Total perangkat ada 12, semuanya saya SP tanpa kecuali. Saya sendiri yang memberikan SP. SP mulai berlaku mulai sehari setelah ditegur dan diberikan pengarahan oleh pak camat,” katanya kepada MuriaNewsCom  di Kudus, Kamis (5/1/2017).

Dia berterimakasih kepada camat yang perhatian dengan memberikan bimbingan. Jika hukum yang berjalan dari masyarakat di Kalirejo, maka dipastikan dampaknya bakal lebih fatal.

Camat Undaan Catur Widiyatno mengungkapkan, lamanya SP berlaku hingga tiga bulan. Jika selama tiga bulan ke depan masih melakukan hal yang tidak sesuai, maka SP II Dapat menyusul diberikan.

Selain itu, jika dalam tiga bulan juga menjumpai permasalahan yang sama pula. Maka SP III bakal dilayangkan, dan dampaknya adalah posisi sebagai perangkat akan dicopot karena tak bisa berkerja sesuai aturan. “Yang copot jabatan adalah kades. Dan kades sudah bersedia melakukan hal itu jika anggotanya melakukan kesalahan kembali,” jelasnya.

Selama tiga bulan ke depan, kata Catur, pihaknya langsung yang akan mengawasinya. Untuk itu, diperingatkan supaya perangkat dapat disiplin dan bekerja sesuai dengan aturan.

Editor : Akrom Hazami