Soal Insiden Tewasnya Pengunjung Wisata di Jepara, Disparbud Bakal Panggil Semua Pengelola Wisata

 Sejumlah pengunjung tengah asyik bermain di pantai Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Sejumlah pengunjung tengah asyik bermain di Pantai Jepara. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom,Jepara – Adanya insiden meninggalnya pengunjung di lokasi wisata Jepara Ourland Park (JOP) dan Pantai Bondo Jepara beberapa waktu lalu, membuat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara bertindak.

Rencananya, dalam waktu dekat, seluruh pengelola tempat wisata di Jepara akan dipanggil untuk dilakukan pembinaan oleh. Hal tersebut, untuk mengantisipasi kejadian ataun insiden di lokasi wisata tidak terulang lagi ke depannya.

Kabid Destinasi Pariwisata Disparbud Jepara Zamroni Listiaza mengatakan, pengelola tempat wisata, baik itu yang dikelola swasta maupun pemerintah daerah atau pemerintah desa, akan diberikan pembinaan. “Ini merupakan langkah pembinaan, imbauan dan perhatian terhadap dunia kepariwisataan yang ada di Jepara. Agendanya, nanti kita akan membahas tentang asuransi tempat wisata, maupun sistem keselamatan yang ada di tempat wisata,” ungkapnya.

Terkait  jumlah pengelola wisata yang bakal diundang, pihaknya mengatakan bahwa saat ini masih dalam pendataan. “Yang jelas semua pengelola wisata, terlebih yang dikelola pemda. Namun, kita tidak mengabaikan yang swasta,” katanya.

Dengan pembinaan itu, nantinya pihaknya berharap semua pengelola tempat wisata bisa saling terbuka dan bisa saling memberikan masukan. “Kita dari dinas hanya bersifat mengimbau, membina dan sebagainya. Sehingga nantinya tempat wisata yang ada di Jepara bisa maju dan berkembang,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono