Gara-gara Belum Dilantik Sebagai ASN, Ratusan PNS di Pati Belum Terima Gaji

 Sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) tengah bersantai di Pemkab Pati, Selasa (3/1/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) tengah bersantai di Pemkab Pati, Selasa (3/1/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Plt Bupati Pati Budiyono memastikan segera melantik pegawai negeri sipil (PNS) menjadi aparatur sipil negara (ASN). Hal itu diungkapkan Budiyono, Selasa (3/1/2017), menyusul banyaknya keluhan akibat telatnya pelantikan PNS menjadi ASN.

“Ini masih dalam proses. Tidak lama lagi, kami akan melakukan pelantikan PNS menjadi ASN, termasuk pengisian pejabat berdasar organisasi perangkat daerah (OPD),” ujar Budiyono, singkat.

Salah satu dampak akibat telambatnya pelantikan ASN dan OPD di Pati, antara lain pegawai tidak mendapatkan gaji pada Januari 2017. Selain itu, pejabat tidak memiliki kewenangan, lantaran statusnya masih menjadi pegawai biasa.

Seorang PNS yang tidak mau disebut namanya, mengaku belum menerima gaji akibat keterlambatan pelantikan PNS menjadi ASN. “Ya, untung saja saya punya usaha sampingan, lumayan bisa buat ngopi saat gaji belum turun,” tuturnya.

Secara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pati, Jumani mengatakan, persiapan untuk pelantikan ASN dan pejabat OPD sudah siap. Saat ini, dia menunggu perintah dari Plt Bupati Pati untuk melakukan pelantikan.

“Persiapan menyangkut pelantikan ASN dan pejabat OPD sebetulnya sudah siap semua. Kami tinggal menunggu perintah dari Plt Bupati Pati,” tandas Jumani.

Editor : Kholistiono