Rekayasa Lalu Lintas Grobogan Terkait Adanya Parade Musik Dangdut Malam Tahun Baru

Rekayasa Lalu Lintas di Purwodadi Grobogan saat malam tahun baru. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Rekayasa Lalu Lintas di Purwodadi Grobogan saat malam tahun baru. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Adanya even Parade Musik Dangdut yang didukung Sukun Premiere dalam rangka menyambut tahun baru, kepolisian Grobogan sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Hal ini dilakukan guna menghindari kemacetan lalu lintas di sekitar kawasan penyelenggaraan acara di Stadion Kuripan di Jalan A Yani Purwodadi.

Kapolres Grobogan Agusman Gurning menyatakan, untuk menghindari kemacetan, Sabtu (31/12/2016) mulai pukul 18.00 WIB, semua kendaraan besar dilarang masuk jalan A Yani. Kendaraan dari arah barat (Semarang) yang akan menuju Kudus, Pati, dan Blora akan diarahkan melewati jalur lingkar utara. Sedangkan kendaraan yang akan menuju ke Solo dibelokkan melalui jalur lingkar selatan atau jalan Gajah Mada.

Demikian juga sebaliknya, kendaraan dari Kudus, Pati, dan Blora yang akan ke Semarang atau Solo akan diarahkan lewat jalur tersebut. Sementara kendaraan dari Solo yang akan ke Semarang juga harus melewati jalur lingkar selatan. Sedangkan kendaraan dari Solo tujuan Kudus, Blora, dan Pati setelah keluar jalur lingkar selatan akan diarahkan lewat jalur lingkar utara di pertigaan Putat.

“Yang kita alihkan agar tidak lewat jalan A Yani adalah kendaraan besar. Untuk sepeda motor tetap bisa masuk jalur tersebut. Rekayasa ini kita lakukan agar pelaksanaan Parade Musik Dangdut menyambut tahun baru berjalan lancar,” kata Agusman didampingi Kabag Ops AKP  Parno.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan perubahan arus di jalan R Suprapto dan Untung Suropati menjadi satu jalur. Namun hal ini akan diterapkan melihat kondisi di lapangan.

Di samping rekayasa lalu lintas, pelaksanaan even Parade Musik Dangdut 2017 di Stadion Kuripan, Purwodadi juga mendapat perhatian serius dari aparat keamanan. Indikasinya, even yang digelar untuk memeriahkan malam tahun baru itu akan dijaga banyak personel kemanan.

“Pengamanan malam tahun baru lebih dikonsentrasikan di wilayah Kota Purwodadi. Untuk pengamanan, kita siapkan 300 personel. Personil ini diluar yang bertugas di gereja, obyek vital dan pos pelayanan,” imbuh Parno.

Menurutnya, untuk perayaan tahun baru 2017, pihaknya sudah siap melakukan tugas pengamanan. Sejauh ini, berbagai persiapan pengamanan sudah dilakukan. Baik secara internal maupun melibatkan instansi terkait lainnya.

“Jajaran Polres Grobogan siap mengamankan momen pergantian tahun 2017. Kita harapkan, suasana tetap kondusif,” jelas mantan Kapolsek Kota Purwodadi itu.

Editor : Akrom Hazami