Satpam Grobogan Harus Bantu Ciptakan Kamtibmas

Seorang satpam saat hadir dalam rangkaian HUT Satpam tahun 2016, di Grobogan, Jumat. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Seorang satpam saat hadir dalam rangkaian HUT Satpam tahun 2016, di Grobogan, Jumat. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Bupati Grobogan Sri Sumarni menyatakan, seiring dengan perkembangan dinamika kamtibmas, dukungan dan peran serta dari semua elemen masyarakat sangat dibutuhkan. Salah satunya adalah dalam bentuk pengamanan swakarsa, seperti tenaga Satuan Pengamanan (Satpam).

Hal itu disampaikan Sri Sumarni dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36  Satuan Pengamanan (Satpam) di halaman Mapolres, Jumat (30/12/2016).

“Satpam diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka mendukung pemeliharaan kamtibmas. Selama ini, satpam mampu menunjukkan kinerja yang baik dalam membantu tugas polri,” ujar Sri Sumarni yang dalam kesempatan itu bertindak selaku inspektur upacara.

Peringatan HUT Satpam itu dihadiri Kapolres Grobogan AKBP Agusman Gurning dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) lainnya serta para kasat dan kapolsek. Upacara juga diikuti oleh anggota satpam dari sejumlah instansi, linmas, dan satpol PP.

Menurut Sri, untuk meningkatkan kemampuan, polri selama ini selalu memberikan pelatihan pada para satpam. Yakni, latihan peningkatan fisik dan pengetahuan seputar pengamanan. Disamping itu, ada pula pelatihan spesialisasi di bidang industrial security.

“Selama ini satuan pengamanan telah mampu menunjukkan kinerjanya dengan baik dalam membantu polri dalam membina keamanan dan ketertiban masyarakat. Satpam juga berperan dalam menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan di tempatnya bertugas, seperti mengamankan pelaku kejahatan, memberikan informasi terkait tindak pidana maupun gangguan kamtibmas lainnya,” jelasnya.

Usai upacara, bupati dan kapolres berkesempatan menyerahkan beragam hadiah pada pemenang lomba yang digelar dalam rangkaian HUT Satpam tahun 2016.

 

Editor : Akrom Hazami