KPPS Pilkada Pati Akan Segera Dibentuk

Komisioner KPU Pati Ahmad Jukari (kanan) memandu acara simulasi penghitungan suara Pilkada Pati beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Komisioner KPU Pati Ahmad Jukari (kanan) memandu acara simulasi penghitungan suara Pilkada Pati beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati akan segera membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dijadwalkan selesai pada 14 Januari 2017. Dalam pembentukan KPPS, KPU akan menyerahkan wewenang tersebut kepada panitia pemungutan suara (PPS).

“Secara teknis, KPPS dibentuk oleh PPS. Selain KPPS, PPS juga membentuk petugas ketertiban tempat pemungutan suara (TPS). Semuanya dijadwalkan harus rampung pada 14 Januari 2017, karena pemungutannya dilakukan pada 15 Februari 2017,” ujar Ketua KPU Pati Much Nasich, Selasa (27/12/2016).

Dalam pembentukan KPPS dan petugas ketertiban TPS, pihaknya mengacu pada Pasal 12 huruf b, huruf g dan huruf h, serta Pasal 52 PKPU Nomor 3 Tahun 2015. Setelah membentuk KPPS dan petugas ketertiban TPS, PPS harus melaporkan nama anggota KPPS dan petugas ketertiban TPS di wilayah kerjanya kepada KPU Pati melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Tak asal melakukan rekrutmen, pengangkatan anggota KPPS harus memperhatikan sumber daya manusia (SDM) dari RT atau RW. Adapun jumlah anggota KPPS yang diangkat berjumlah tujuh orang, berasal dari anggota masyarakat di sekitar TPS dan memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, petugas ketertiban diangkat paling banyak dua orang di masing-masing TPS. “Sebelum penetapan dilakukan, PPS harus melaporkan nama anggota KPPS di wilayah kerjanya kepada KPU Pati melalui PPK,” tambah Nasich.

Selanjutnya, KPU Pati akan menyampaikan usulan kebutuhan dua orang petugas ketertiban pada setiap TPS di seluruh wilayah Pati kepada bupati. Setelah itu, KPU Pati akan menyampaikan nama petugas ketertiban TPS dari Bupati Pati kepada PPS.

Editor : Kholistiono