Perusuh Natal dan Tahun Baru di Pati Bakal Ditindak Tegas

Ratusan personel pasukan keamanan disiagakan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru di Pati dari Jumat (23/12/2016) hingga Minggu (1/1/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Ratusan personel pasukan keamanan disiagakan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru di Pati dari Jumat (23/12/2016) hingga Minggu (1/1/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Hari Raya Natal dan Tahun Baru kurang beberapa hari lagi. Polisi sudah memperingatkan kepada siapapun untuk tidak membuat kerusuhan pada saat Natal atau Tahun Baru.

Bila ada perusuh, polisi tidak segan untuk menindak tegas. Hal itu ditegaskan Kabag Ops Polres Kompol Sundoyo. “Satu perintah dari Kapolri, tindak tegas,” ujarnya, Jumat (23/12/2016).

Dalam melakukan penindakan kepada perusuh, pihaknya akan melakukan langkah hukum yang proporsional dan tegas. Penegakan hukum kepada perusuh diharapkan bisa menciptakan situasi yang kondusif dan terkendali selama Hari Natal dan Tahun Baru.

“Maraknya aksi teror akhir-akhir ini, membuat kita harus semakin waspada. Pengamanan akan diperketat. Kita sama sekali tidak ada keraguan dalam bertugas melakukan pengamanan, karena kita bertugas menegakkan undang-undang,” tuturnya.

Kendati penindakan akan dilakukan secara tegas, tapi polisi akan menghadapi permasalahan di lapangan dengan cara-cara yang humanis. Koordinasi antarsatuan juga semakin ditingkatkan, karena yang dihadapi adalah masyarakat sendiri.

Dalam Operasi Lilin Candi pada pengamanan Natal dan Tahun Baru, ratusan personel keamanan sudah disiagakan yang dimulai pada Jumat (23/12/2016) hingga Minggu (1/1/2017). Di antaranya, 212 personel kepolisian, seratus personel TNI, 25 personel Satpol PP, Dinas Perhubungan 20 personel, serta Banser sesuai Koordinator dengan PCNU Pati.

Mereka akan disebar di berbagai titik keramaian. Di gereja, sedikitnya delapan personel kepolisian diterjunkan. Ketatnya pengamanan diharapkan bisa membuat rasa aman kepada masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru.

Editor : Kholistiono