Mahasiswa Unisnu Lakukan Aksi Tanam Pohon di Batealit Jepara

Mahasiswa Unisnu melakukan aksi penanaman pohon di Desa Batealit, Kabupaten Jepara. (ISTIMEWA)

Mahasiswa Unisnu melakukan aksi penanaman pohon di Desa Batealit, Kabupaten Jepara. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Jepara – Mahasiswa Unisnu Jepara melakukan aksi penanaman pohon di Dukuh Sengon, Desa Batealit, kabupaten setempat, akhir pekan lalu.

Menurut Kepala Desa Batealit, Ali Asikin, kegiatan ini sangat positif sekali untuk penghijauan. “Penanaman pohon sangat bermanfaat sekali karena selain membuat udara sejuk, pohon juga bisa menjadi tempat cadangan air sehingga saat musim kemarau nanti tidak terjadi kekeringan” tuturnya di rilis pers.

Ali juga berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan untuk bisa menjaga kelestarian lingkungan.

Selain menanam pohon trembesi kegiatan yang dilaksanakan UKM Resimen Mahasiswa itu juga membagikan bibit pohon secara gratis kepada masyarakat.  Sekitar 2.750 bibit pohon yang dibagikan yang terdiri dari 1.500 pohon sengon laut, 500 pohon trembesi, 250 pohon durian, 250 pohon pete, dan 250 pohon rambutan. Semua pohon tersebut diberikan kepada perangkat desa dan selanjutnya nanti akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Dalam bakti sosial ini juga dilakukan aksi donor darah dengan mendatangkan Palang Merah Indonesia (PMI). Kerja sama dengan PMI ini bukan yan pertama kali dilakukan namun sudah beberapa kali dilakukan oleh Menwa.

Menurut petugas donor darah dari PMI, tidak ada target berapa pun namun yang penting adalah keikhlasan dari peserta donor darah. Banyak mahasiswa yang merasa takut untuk donor darah.

Komandan Menwa Unisnu Arif Rahman Hakim mengatakan, kegiatan bakti sosial ini merupakan upaya meningkatkan jiwa bela negara melaui penanaman pohon dan juga donor darah.

“Kegiatan merupakan salah satu bentuk dari kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Kegiatan ini juga upaya untuk memperkenalkan Unisnu,” katanya.

Editor : Akrom Hazami