Liburan, ‘Museum’ Banjarejo Diserbu Pengunjung

Rombongan pengunjung anak-anak dari wilayah sekitar Banjarejo sedang melihat koleksi benda bersejarah di rumah Kades Banjarejo Ahmad Taufik. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Rombongan pengunjung anak-anak dari wilayah sekitar Banjarejo sedang melihat koleksi benda bersejarah di rumah Kades Banjarejo Ahmad Taufik. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Keberadaan ‘Museum’ benda bersejarah di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan, ternyata juga jadi pilihan untuk menghabiskan waktu pada libur panjang akhir pekan ini. Dalam dua hari terakhir, Minggu hingga Senin ini ada ratusan pengunjung yang datang untuk melihat koleksi benda purbakala dan cagar budaya.

Kades Banjarejo Ahmad Taufik menyatakan, dalam dua hari kemarin, jumlah pengunjung yang datang sekitar 250 orang. Sebagian besar pengunjung datang pada hari Minggu (11/12/2016).

“Hari minggu pengunjung sekitar 150 orang. Sedangkan Senin kemarin, sekitar 100 an orang. Cuaca kemarin, seharian memang agak mendung dan kemungkinan banyak orang enggan jalan-jalan karena khawatir kehujanan,” katanya.

Pengunjung yang datang pada long weekend ini kebanyakan rombongan. Selain dari Grobogan, ada pengunjung yang datang dari luar kota. “Ada belasan pengunjung dari SMAN 1 Mayong, Jepara yang sempat ke sini juga. Rombongan ini terdiri dari guru dan perwakilan siswa,” jelasnya.

Menurut Taufik, sejak Banjarejo ditetapkan jadi Desa Wisata akhir Oktober lalu, dinilai punya dampak positif. Imbasnya adalah naiknya jumlah pengunjung dalam dua bulan terakhir. 

Tercatat, sudah ada 1.500 pengunjung yang datang untuk melihat ratusan koleksi benda bersejarah yang sementara tersimpan di rumahnya. Dari pengunjung tersebut, ada satu yang dinilai sangat spesial.

Yakni, adanya kunjungan warga negara Prancis yang bernama Francois Semah beserta istrinya Anne Marie Semah, Rabu (30/11/2016) lalu. Pria asal Prancis ini bukan wisatawan biasa, tetapi merupakan seorang profesor arkeologi ternama di dunia.

“Salah satu keberhasilan dalam mendatangkan pengunjung ke sini adalah berkat peran dari rekan-rekan media. Melalui pemberitaan yang sangat sering dimunculkan menjadikan potensi di Banjarejo jadi terkenal luas. Terus terang, saya mengucapkan terima kasih atas atensi rekan media selama ini,” katanya.

Editor : Kholistiono