Ikuti Geritan Berselawat, Haryanto-Arifin Ajak Warga Pati Teladani Nabi Muhammad

 Cabup dan Cawabup Pati Haryanto-Saiful Arifin ikut berselawat bersama Habib Ali Zaenal Abidin Assegaf di Desa Geritan, Pati, Senin (12/12/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Cabup dan Cawabup Pati Haryanto-Saiful Arifin ikut berselawat bersama Habib Ali Zaenal Abidin Assegaf di Desa Geritan, Pati, Senin (12/12/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Calon Bupati dan Wakil Bupati Pati Haryanto-Saiful Arifin mengikuti “Geritan Berselawat” dalam rangka peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW di Desa Geritan, Kecamatan Pati, Senin (12/12/2016) malam. Bersama KH Makhrus Ali, keduanya berselawat bersama warga yang dipimpin Habib Ali Zaenal Abidin Assegaf.

Usai berselawat yang diiringi grup rebana Al Ittihad, Haryanto memberikan sambutan kepada warga. Dia mengajak masyarakat untuk mengambil hikmah dari peringatan Maulud Nabi. Sebab, Maulud Nabi menjadi momentum untuk meneladani Rasulullah SAW.

“Maulud Nabi menjadi momentum untuk mengambil hikmah dan meningkatkan upaya meneladani Rasulullah. Beliau yang mengantarkan umat dunia dari zaman jahiliyah menuju zaman islamiyah yang penuh dirahmati Allah. Sejarah panjang Nabi Muhammad mengajarkan Islam yang dipenuhi banyak rintangan bisa menjadi pembelajaran akan arti perjuangan,” ujar Haryanto.

Dalam konteks kepemimpinan, kata Haryanto, Nabi Muhammad menjadi teladan bagi umat Muslim di dunia. Karena itu, dia mengajak kepada warga Pati untuk selalu berupaya meneladani Nabi Muhammad dalam setiap aspek kehidupan. “Dengan maulud Nabi, semoga kita semua diberikan kecintaan, kedamaian dan ketentraman,” kata Haryanto.

Sementara itu, Saiful Arifin lebih memaknai Maulud Nabi sebagai momentum untuk meneladani Rasulullah SAW di bidang kewirausahaan. Menurutnya, Rasulullah Saw memberikan contoh kepada umat Muslim dalam berdagang, di antaranya harus jujur dan bertanggung jawab.

“Rasulullah mengajarkan kita untuk selalu jujur dan bertanggung jawab dalam berdagang. Dua aspek penting itu yang bisa mengantarkan seseorang menuju kesuksesan dalam berdagang,” ucap Arifin.

Di tempat terpisah, Habib Ali mengatakan, umat Muslim mestinya tidak hanya sekadar cinta kepada Nabi Muhammad, tetapi juga bisa mencontoh dan meneladani Al Mustofa Muhammad SAW. Dia juga mengajak kepada warga Pati untuk mulai merubah sikap, sedikit demi sedikit meniru dan meneladani Rasulullah SAW.

“Akhlak Rasulullah itu Alquranul Karim, selalu tersenyum saat ketemu dengan orang. Umat Muslim harus banyak tersenyum. Sebab, Nabi Muhammad adalah rahmatan lil alamin,” ajak Habib Ali.

Editor : Kholistiono