2 Videotron di Kudus Telah Terpasang, tapi Belum Ada Sambungan Listriknya

Kabag Humas Pemkab Kudus Putut Winarno saat mengamati salah satu videotron usai kelarnya pemasangan, Senin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Kabag Humas Pemkab Kudus Putut Winarno saat mengamati salah satu videotron usai kelarnya pemasangan, Senin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Pemasangan dua buah videotron, yang ada dua titik di Kudus sudah selesai. Videotron tersebut, rencana akan mulai diaktifkan pekan depan. Tapi sampai saat ini, belum ada sambungan listriknya. 

Kabag Humas Pemkab Kudus Putut Winarno mengatakan, dua buah videotron di Tanggulangin dan Balai Jagong di kawasan GOR Kudus. Saat ini belum tersambung arus listrik. “Kendalanya pada listrik yang berdaya 8 ribu watt. Jumat rencana pemasangan sambungan listrik, sehingga mulai pekan depan sudah bisa dinyalakan,” katanya kepada MuriaNewsCom saat meninjau salah satu lokasi, Senin (5/12/2016).

Menurutnya, dua videotron itu bernilai Rp2,178 miliar. Dana itu dianggarkan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Keperuntukannya adalah penayampai sosialisasi berbagai program. Utamanya, soal cukai dan yang tekait.

Selain itu, progam tentang Pemkab Kudus tentang apa yang sudah dilakukan. Tak hanya itu, instansi lainnya seperti Polres, Kodim dan sebagainya juga bisa memanfaatkan. “Sudah ada 30 video film milik Humas yang bisa diputar. Sistem juga menggunakan internet yang mana bisa dikontrol dari jarak jauh. Jadi tidak akan ribet,” ujarnya.

Ditambahkan, pada 2017 Pemkab berencana membuat ruang kontrol untuk mengendalikan berbagai program yang ada. Ruangan tersebut bisa digunakan sebagai lokasi memantau tayangan di videotron. “Jadi jangan sampai disalahgunakan apalagi diretas. Sebab sudah ada ruangan dan petugas yang bakal mengontrol kedua videotron,” ungkapnya.

Kontraktor pelaksana pemasangan videotron, dari PT Arion Indonesiaā€ˇ, Rudi Yulianto, mengatakan videotron memiliki ukuran yang besar, yakni lebih 6 meter x 4 meter. Untuk itulah membutuhkan daya listrik yang besar. “Ada garansi tiga tahun untuk videotron, namun konstruksi memiliki garansi selama satu tahun,” jawabnya

Videotron itu, kata dia  dirancang  untuk out door, sehingga mampu tahan terpaan angin, hujan dan panas. Selain itu juga terdapat penangkal petir.

Editor : Akrom Hazami