Kendal Buka Trayek Karimunjawa, KMP Siginjai Jepara Tak Khawatir Ditinggal Penumpang

kapal

KMP Siginjai siap mengangkut penumpang ke Karimunjawa Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Pelabuhan Tanjung Kendal telah resmi membuka trayek ke Karimunjawa, Jepara dengan pelayanan kapal cepat Express Bahari. Meski begitu, PT ASDP Cabang Jepara tak khawatir banyaknya penumpang yang bakal beralih pemberangkatan dari pelabuhan Jepara ke pelabuhan Kendal tersebut.

Kepala PT ASDP Cabang Jepara Yudhi Yanuar menjelaskan, pihaknya tidak khawatir akan ditinggalkan penumpang kapal yang dikelolanya yakni KMP Siginjai. Pasalnya, ia menilai segmentasi penumpang kapal cepat dengan KMP Siginjau sudah berbeda.

“Segmen penumpangnya berbeda, jadi kami tidak khawatir. KMP Siginjai segmennya masyarakat kelas menengah ke bawah, atau penduduk Karimunjawa dan wisatawan mancanegara,” ujar Yudhi kepada MuriaNewsCom, Selasa (23/8/2016).

Menurutnya, penumpang yang beralih ke Kendal diprediksi adalah wisatawan yang kelas menengah ke atas. Sebab, pelabuhan Kendal lebih dekat dari Bandara Ahmad Yani Semarang.

“Justru sebetulnya yang perlu khawatir adalah Pemkab Jepara. Sebab, dengan dibukanya trayek dari Kendal ke Karimunjawa, maka diprediksi banyak wisatawan kelas menengah ke atas lebih memilih lewat Kendal. Jadi potensi ukir, dan lainnya yang ada di Jepara, tidak bisa dilihat oleh mereka,” ungkapnya.

Ia menilai sejauh ini sejumlah wisatawan mancanegara banyak yang memilih menggunakan transportasi KMP Siginjai ketimbang kapal cepat. Salah satu alasannya, para turis asing tersebut lebih suka menikmati perjalanan laut.

“Kalau naik kapal cepat tidak bisa leluasa menikmati perjalanan laut. Tapi kalau KMP Siginjai bisa, dan itu yang lebih dipilih turis asing. Apalagi kalau mereka berlibur tidak dikejar-kejar jam kerja, lebih leluasa,” katanya.

Ia menambahkan, selain turis asing yang banyak menggunakan KMP Siginjai, pihaknya juga lebih memprioritaskan penumpang lokal terutama warga Jepara dan Karimunjawa sendiri.

Editor : Akrom Hazami