Kenalan Sama Si Melo, Maskot Pilkada Pati 2017

 

 Si Melo (kiri) ikut mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada 15 Februari 2017 dengan slogan "Gagego Ndang Nyoblos." (MuriaNewsCom/Lismanto)


Si Melo (kiri) ikut mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada 15 Februari 2017 dengan slogan “Gagego Ndang Nyoblos.” (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati memunculkan sosok Si Melo sebagai maskot Pilkada Pati 2017. Namun, masih banyak yang belum tahu apa itu Si Melo dan makna simbolik yang melekat pada diri Si Melo.

Si Melo diambil dari kata “Siap Memilih Calon”. Dari namanya, Si Melo berisi ajakan kepada masyarakat Pati untuk bersiap menggunakan hak pilihnya untuk menentukan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pati terbaik pada 15 Februari 2017 mendatang.

Dalam berbagai kesempatan, Si Melo juga selalu mengajak untuk menghindari golput. Sebab, golput dinilai bukan menjadi solusi, tetapi justru membuat proses demokrasi menjadi tidak sehat. “Ayo memilih,” begitu ajak Si Melo.

Ketua KPU Kabupaten Pati Much Nasich kepada MuriaNewsCom mengatakan, Si Melo digambarkan sebagai buah jeruk pamelo dengan mengenakan batik bakaran dan caping. Ketiga unsur tersebut diakui mewakili karakter lokal Kabupaten Pati.

“Jeruk pamelo adalah buah dari Gembong yang menjadi khas Pati. Begitu juga dengan batik bakaran yang sudah lama menjadi representasi warisan budaya khas Pati. Untuk caping, itu mewakili tani dari slogan Pati Bumi Mina Tani,” kata Nasich, Sabtu (6/8/2016).

Di selebaran, Si Melo menjadi “duta” yang mengajak masyarakat untuk cerdas dalam memilih, menghindari golput, termasuk ajakan untuk mengatakan tidak pada politik uang. “Gagego Ndang Nyoblos!” demikian ajak Si Melo.

Editor : Kholistiono