Butuh Genteng Rumah Berkualitas? Di Sini Tempatnya

 Salah satu perajin genteng di Desa Tegalsumur, Kecamatan Brati, Grobogan terlihat sedang menyusun genteng (MuriaNewsCom/Dani Agus)


Salah satu perajin genteng di Desa Tegalsumur, Kecamatan Brati, Grobogan terlihat sedang menyusun genteng (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Meski sempat mengalami terpaan krisis moneter beberapa waktu, namun keberadaan sejumlah home industri di Grobogan masih bisa tetap eksis hingga saat ini. Salah satunya adalah industri genteng pres yang berada di Desa Tegalsumur, Kecamatan Brati. Bahkan, saat ini, genteng yang dihasilkan para perajinnya sudah menembus berbagai kota di wilayah Jawa Tengah hingga DIY.

Kepala Desa Tegalsumur Masyudi menyatakan, para perajin genteng tersebut berada di Dusun Gedong. Sampai saat ini, jumlah perajin sekitar 115 orang.Pembuatan genteng di situ sudah terjadi turun temurun sejak puluhan tahun lalu.

Awalnya, pembuatan genteng dilakukan secara tradisional. Sekarang sudah menggunakan mesin pres genteng sehingga proses pembuatannya bisa lebih cepat. Meski home industri masih bisa tetap beroperasi dengan baik, namun ada satu kendala yang dihadapi perajin genteng itu . Yakni, ketersediaan bahan baku berupa tanah liat yang mulai berkurang. Oleh sebab itu, untuk mencukupi bahan baku terpaksa harus membeli tanah liat dari desa-desa sekitar.

Selain bahan baku, satu kendala lain yang dihadapi adalah faktor alam yang berkaitan dengan proses produksi. Saat musim hujan, proses produksi butuh waktu lebih lama, yakni sekitar 10 hari.

Sementara saat cuaca panas, proses pembakaran dan pengeringan hanya butuh durasi empat sampai lima hari saja.Untuk sekali proses pembakaran rata-rata kapasitasnya sekitar 5.000 biji.

Menurut Masyudi, genteng yang dihasilkan para perajin ada beberapa model. Seperti jenis, Mantili dan Garuda. Ukurannya ada yang standar dan jumbo.Masing-masing jenis genteng ini harganya berbeda. Untuk saat ini harga genteng berkisar Rp 900-Rp 1.000 per biji.

“Harga genteng produksi Tegalsumur ini cukup bersahabat dengan kualitas yang tidak kalah dengan genteng daerah lain. Untuk pembelian partai besar harganya bisa ada diskon tersendiri,” imbuhnya.

 Editor : Kholistiono