53 Dosen Ramai-Ramai Tingkatkan Kualitas di UMK

umk

Kegiatan peningkatan dosen di kampus UMK.

 

MuriaNewsCom, Kudus – Universitas Muria Kudus (UMK) bekerja sama dengan Kopertis Wilayah VI Jawa tengah menyelenggarakan pelatihan Applied Approach (AA). Kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pendidiknya (dosen),

Pelatihan AA bagi dosen ini dilaksanakan di Ruang Seminar Lantai IV Gedung Rektorat, dan dibuka langsung oleh Rektor Dr. Suparnyo . Acara ini berlangsung selama empat hari, yakni Senin (1 Agustus sampai 4 Agustus.

“Ada 53 peserta dalam pelatihan AA kali ini,’’ ujar Rina Fiati ST MCs, ketua panitia pelatihan dari rilis pers ke MuriaNewsCom.

Dari 53 peserta, katanya, 46 merupakan dosen UMK. ‘’Lainnya dari kampus luar UMK. Satu dari STTR Ronggolawe, Cepu, Blora, satu peserta datang dari Akper Krida Husada Kudus, dan lima peserta lainnya dari Stikes Cendekia Utama Kudus,’’ ungkapnya.

Dia menjelaskan, berbagai materi yang disampaikan dalam pelatihan ini, antara lain mengenai konsep dasar kurikulum, konstruktivisme dalam pembelajaran, dan penulisan buku ajar.

“Untuk pemateri, yaitu Prof. Dr. DYP. Sugiharto M.Pd.Kons, Prof. Dr. Sunandar M.Pd., Prof. Dr. Hardani Widhiastuti MM.Psi., Sugeng Slamet ST. MT., dan Sunardi SS. M.Pd.,’’ lanjutnya.

Suparnyo dalam sambutannya mengatakan, pelatihan AA ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dosen, terlebih dengan telah diberlakukannya pasar bebas ASEAN  (Masyarakat Ekonomi ASEAN/ MEA).

“Semoga setelah mengikuti pelatihan ini para dosen meningkat kemampuannya. Mulai dari keaktifannya dalam proses mengajar, karena ini berhubungan dengan kualitas lulusan, sehingga ke depan baik dosen maupun mahasiswa, juga lulusannya, siap menghadapi MEA,” tegasnya.

Suparnyo berharap, para peserta pelatihan AA 2016 di UMK bisa mengikuti dengan baik, agar bisa meningkatkan kompetensinya sebagai pendidik (dosen).

“Dengan begitu, diharapkan kompetensinya juga akan meningkat, baik kompetensi profesional, kompetensi sosial, maupun kompetensi kepribadiannya,’’ ungkapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Akademik, Kemahasiswaan dan Kelembagaan Kopertis VI, Agung Purwanto yang mewakili kepala Kopertis VI Jawa Tengah, dalam sambutan singkatnya berharap rektor ikut mengawasi peserta pelatihan AA.

“Agar berjalan dengan baik. Sebab, pelatihan ini telah mengalami pemadatan,’’ paparnya.

Editor : Akrom Hazami