Vera Haryanto Ajak Pemuda Pati Berpartisipasi dalam Ekonomi Kreatif

Vera Haryanto mengajak pemuda untuk ikut berpartisipasi dalam ekonomi kreatif di Desa Sirahan, Cluwak. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Vera Haryanto mengajak pemuda untuk ikut berpartisipasi dalam ekonomi kreatif di Desa Sirahan, Cluwak. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Tresya Oktavera Wedyastantri, putri sulung Bupati Pati Haryanto mengajak pemuda di Pati untuk berpartisipasi dalam ekonomi kreatif. Ada banyak produk unggulan di Pati yang bisa disulap secara kreatif menjadi barang dengan ekonomi tinggi.

“Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah tiba. Kita dihadapkan pada era kompetisi yang ketat. Karena itu, butuh kreativitas yang tinggi untuk bisa bersaing dalam kompetisi ekonomi tersebut,” ujar Vera, Jumat (29/7/2016).

Kreativitas yang dimaksud, bisa memanfaatkan barang-barang bekas tak terpakai atau barang dengan harga murah dan disulap menjadi barang mahal. Untuk mengubah barang murah menjadi barang mahal butuh kreativitas. Hal itu yang disebut Vera sebagai ekonomi kreatif.

Salah satu contoh ekonomi kreatif, antara lain bros dari flanel, aneka produk rajut yang saat ini digemari dalam dunia fashion, miniatur dan perabotan dari pemanfaatan barang bekas, dan lain sebagainya. “Di Pati, sudah mulai bermunculan yang bergiat di bidang ekonomi kreatif. Pemuda juga harus mengikuti jejak baik tersebut,” kata Vera.

Dalam dunia ekonomi kreatif, Vera juga menekankan pada aspek manajemen dan pemasaran. Produk bagus hasil dari kreativitas tidak bisa sukses, tanpa dibekali dengan ilmu pemasaran dan manajemen yang baik.

“Bagaimana orang lain bisa membeli produk kita yang bagus, kalau mereka tidak tahu. Ini yang disebut dengan pemasaran atau marketing. Bagaimana bisnis bisa berjalan dengan baik tanpa adanya manajemen yang baik pula,” ucapnya.

Editor : Kholistiono