Mahasiswa Undip Ajarkan e-Commerce di Desa Sirahan Pati

Sejumlah pelaku UMKM di Desa Sirahan, Kecamatan Cluwak mengikuti program pengenalan e-Commerce dari mahasiswa Undip yang sedang KKN. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah pelaku UMKM di Desa Sirahan, Kecamatan Cluwak mengikuti program pengenalan e-Commerce dari mahasiswa Undip yang sedang KKN. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Sejumlah mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Sirahan, Kecamatan Cluwak, Pati mengajarkan tentang e-Commerce. Hal itu diharapkan agar warga semakin tahu tentang seluk beluk perdagangan elektonik.

Saat ini, perdagangan dalam dunia ekonomi mulai diklasifikasikan dalam perdagangan online dan offline. Perdagangan online ini yang disebut dengan e-Commerce, sedangkan perdagangan secara langsung dinamakan offline.

“Ada banyak potensi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Sirahan. e-Commerce bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk UMKM melalui internet. Bahkan, seseorang bisa berinteraksi dengan calon pembeli melalui gadget atau komputer yang pada akhirnya bisa mendongkrak penjualan produk UMKM di Desa Sirahan,” ujar Tresya Oktavera Wedyastantri, mahasiswi Jurusan Manajemen Undip asal Desa Raci, Batangan.

Dalam mensosialisasikan e-Commerse, mereka bekerja sama dengan para pelaku UMKM, pemuda karang taruna, perangkat desa, hingga kelompok tani. Kehadiran mereka diharapkan bisa memadukan antara produk dan e-Commerse.

“Yang dimaksud e-Commerse itu, perdagangan melalui sistem elektronik, terutama internet. Perdagangan itu bisa mulai penyebaran, pembelian, pemasaran hingga penjualan melalui jasa pengiriman barang. Meski terkesan sederhana, tetapi ada pola manajemen yang harus diketahui warga,” kata Vera.

Vera menambahkan, Tim KKN dari Undip yang ditugaskan di Desa Sirahan sengaja memilih e-Commerse sebagai salah satu programnya, karena kesadaran tentang pemasaran yang lebih modern penting dilakukan pelaku UMKM. Dengan e-Commerce, pelaku UMKM diharapkan bisa memasarkan dan menjual aneka produknya melalui online.

Editor : Kholistiono