Dintanhut Rembang Ancam Berikan Sanksi untuk Kelompok Tani yang Berani Menjual Alsintan Bantuan

Beberapa alat mesin pertanian yang merupakan bantuan dari pemerintah untuk petani (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Beberapa alat mesin pertanian yang merupakan bantuan dari pemerintah untuk petani (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Hingga saat ini, pihak Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dintanhut) Rembang sudah mendapatkan 11 laporan terkait hilangnya alat mesin pertanian (Alsintan) yang merupakan bantuan untuk kelompok tani.

Menyikapi hal in, pihak Dintanhut menegaskan akan melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Diharapkan dengan hal itu, nantinya terungkap, apakah memang alat-alat bantuan tersebut hilang karena kesengajaan ataukah tidak.

Kasi Usaha Tanaman Pangan dan Holtikiltura pada Dintanhut Rembang Ika H Affandi mengatakan, jika nantinya ditemukan unsur kesengajaan dalam kehilangan tersebut, maka pihaknya akan memberikan sanksi tegas.

“Kesengajaan yang kami maksud di sini yaitu, alat-alat bantuan tersebut sengaja dijual. Karena, tidak menutup kemungkinan hal ini bisa terjadi. Jika memang demikian, kami akan melakukan tindakan tegas, apakah nanti akan kami serahkan ke pihak berwajib atau sanksi lain,” ujarnya.

Hal seperti itu, menurutnya perlu dilakukan, sebab, alat pertanian tersebut diberikan kepada kelompok tani, agar nantinya dapat mempermudah kinerja petani, dan bukan justru memberikan keuntungan kepada oknum tertentu dengan cara alat tersebut dijual kembali.

Baca juga : Duh…Ada Kelompok Tani di Rembang yang Dapat Bantuan Alsintan Malah Dijual

Editor : Kholistiono