Vegar Zigmal, Pelajar Asal Grobogan yang jadi Duta Jateng pada Peringatan HAN di NTB, Ini Dia Sosoknya

Vegar Zigmal Alfanza mengenakan pakaian adat Jawa Tengah saat mengikuti kirab adat dalam peringatan HAN di Mataram (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Vegar Zigmal Alfanza mengenakan pakaian adat Jawa Tengah saat mengikuti kirab adat dalam peringatan HAN di Mataram (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Mataram, Nusa Tenggara Barat 23 Juli lalu menjadi momen istimewa bagi mereka yang hadir di sana. Termasuk salah satunya dirasakan Vegar Zigmal Alfanza, siswa SMAN 1 Purwodadi.Bisa jadi duta Jateng dalam peringatan HAN itu membuat Vegar bangga. Terlebih, dari Grobogan hanya dia saja yang terpilih.

Dalam puncak peringatan HAN tersebut, Vegar jadi salah satu peserta upacara. Tepatnya, dia merupakan salah satu bagian dari kontingen Jawa Tengah. “Utusan dari Jawa Tengah jumlahnya ada 18 orang, termasuk saya. Terdiri 13 putra dan 5 putri yang berasal dari beberapa kabupaten dan kota,” kata siswa kelas XII/IPA 7 itu.

Puncak acara HAN juga dihadiri banyak orang penting, seperti para menteri. Antara lain, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Ada juga Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Seto Mulyadi lebih dikenal dengan sebutan Kak Seto.

Banyak pengalaman yang didapat Vegar ketika menjadi duta Jateng dalam acara tersebut. Antara lain, dapat banyak kenalan baru. Baik sesama duta Jateng maupun dari daerah lainnya di Indonesia. Selain itu, banyak ilmu yang didapat selama berada di Mataram dari 19-23 Juli. Sebab, banyak pelatihan dan seminar yang diberikan pada para duta dari berbagai daerah.

“Pengalaman yang saya dapat luar biasa banyak. Salah satunya, untuk pertama kalinya saya merasakan naik pesawat terbang dan menginap di hotel berbintang,” cetus Ketua OSIS itu sembari tertawa.

Selain mengikuti pelatihan dan upacara HAN, Vegar dan duta lainnya juga ikut kegiatan kirab adat se-Indonesia. Dalam acara itu, Vegar mengikuti kirab dengan mengenakan pakaian adat Jawa Tengah.

Setelah pulang dari Mataram, putra pertama pasangan Suprijanto dan May Bambang Nilawati itu bakal banyak bergelut dengan masalah anak. Sebab, Selasa (26/7/2016) kemarin, Vegar baru saja dilantik Bupati Sri Sumarni sebagai Ketua Forum Anak Grobogan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Purwodadi Amin Hidayat mengaku bangga dengan terpilihnya salah satu siswanya jadi Duta Jateng dalam peringatan HAN di Maratam tersebut. Dia berharap agar pengalaman yang didapat disana bisa ditularkan pada rekan-rekannya. “Salut atas terpilihnya Vegar jadi duta Jateng. Semoga hal ini bisa memacu semangat siswa lainnya untuk meningkatkan prestasi,” katanya.

Editor : Kholistiono