Baliho Bakal Calon Bupati Mulai Penuhi Jepara

pilkada

 

MuriaNewsCom, Jepara – Menjelang Pilkada Jepara 2017 ini, muncul banyak baliho yang terpajang sejumlah wajah figur atau seseorang yang digadang-gadang maju sebagai calon bupati dan wakil bupati.

Meski terbilang banyak, Satpol PP Jepara mengklaim pemasangan baliho tidak melanggar aturan Kebersihan, Keamanan dan Ketertiban (K3).

Kasatpol PP Jepara Trisno Santoso mengemukakan, pihaknya melihat baliho-baliho yang terpasang masih di batas kewajaran. Sehingga belum perlu dilakukan penertiban terhadap baliho tersebut.

“Sejauh ini masih tidak ada yang melanggar. Dasar hukum untuk menertibkan baliho adalah Perda Ketertiban, Keamanan dan Kebersihan (K3). Dengan Perda ini, Jika ada yang melanggar, maka tidak usah menunggu kordinasi dengan instansi terkait untuk dilakukan penertiban,” ujar Trisno kepada MuriaNewsCom, Rabu (27/7/2016).

Menurutnya, yang dimaksud pelanggar K3 yakni yang dipasang di bangunan pemerintahan, ditancapakan di pohon, tiang listrik, jembatan, rambu lalu lintas hingga pemasangan dilakukan tidak mempertimbangkan faktor keamanan lain. Meski diakuinya saat ini memang banyak baliho yang memampang gambar figur tertentu yang menjadi bakal calon, dari pantauannya tidak melanggar K3.

“Semuanya kita lihat masih wajar. Jika nanti ditemukan yang melanggar, maka kita akan peringatkan terlebih dahulu yang bersangkutan. Jika tidak diindahkan, maka baru akan kami tertibkan,” tegasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat sudah ditetapkan pasangan calon, pihaknya akan gencar melakukan pantauan di lapangan. Karena saat itu diyakini akan ada lebih banyak baliho dan spanduk yang dipasang. Penindakan akan dilakukan baik yang melanggar K3 maupun temuan Panwaslu soal baliho atau alat kampenye yang melanggar aturan Pilkada.

“Tiba saatnya akan turun dengan Panwaslu soal gambar yang melanggar. Maupun gambar figur tertentu yang ternyata tak menjadi calon. Sebab baliho tersebut tidak berguna,” katanya.

Berdasarkan pengamatan MuriaNewsCom, sejumlah figur maupun partai politik yang sudah memastikan mencalonkan tokoh tertentu jauh-jauh hari melakukan sosialisasi dengan memampang sejumlah spanduk dan baliho bergambar tokoh terkait di sejumlah titik ruas jalan.

Baik yang terpasang di papan baliho berpajak (resmi) maupun dengan media yang dipasang sendiri. Akibatnya, sejumlah ruas jalan dan titik strategis padat dengan gambar.

Editor : Akrom Hazami