36 Kios Disediakan di Pasar Pengkol Jepara, Ini Lho Skemanya

pasar pengkol

Warga berada di tak jauh dari gambar desain bangunan Pasar Pengkol Jepara yang dipampang di papan penutup proyek. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Pembangunan pasar Pengkol yang berada di Kelurahan Pengkol, Kecamatan Kota Jepara kini sudah dimulai.

Setelah beberapa waktu lalu dilakukan pembongkaran. Nantinya, di pasar itu akan disediakan 36 kios. Dengan memiliki fasilitas tempat parkir di lantai atas.

Kabid Cipta Karya pada Dinas Ciptaka Karya, Tata Ruang, dan Kebersihan (Ciptaruk) Jepara, Ari Bachtiar mengemukakan, skema pembangunan dan desain telah dibuat.

Saat ini pembangunan telah dimulai.  Rencananya, ukuran pasar sekitar 30×43 meter. Ukuran itu diharapkan mampu menampung semua pedagang yang ada dan cukup untuk dijadikan pasar yang representatif.

“Sesuai dengan desain yang sudah dipersiapkan, akan dibuat dua lantai. Meski demikian, tidak semua lantai akan ditempati pedagang. Karena lantai dua nanti akan dijadikan lahan untuk parkir,” ujar Ary kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, jumlah kios untuk lantai satu, sebanyak 36 kios. Sebanyak 11 kios di bagian di depan, lokasinya di kanan dan di kiri. Sementara di bagian belakang ada 10 kios berderet. Di tengah disediakan delapan kios. Sisanya, tujuh kios di sebelah kanan dan kiri.

“Lokasi bangunan akan dimundurkan sekitar 5 meter. Sehingga halaman bisa luas dan juga bisa digunakan untuk tempat parkir. Dengan rencana ini,  ditargetkan proyek selesai selama 4,5 bulan. Pertengahan Desember 2016 kami targetkan sudah selesai,” terangnya.

Dia menambahkan, mengenai detail untuk jumlah pedagang dan penempatannya, dia tidak tahu persis karena proyek tersebut dari Kementerian Perindustrian dan Pedagangan.

Mengenai pengelolaan juga akan ditangani oleh instansi yang berbeda yakni Dinas Koperasi UMKM dan Pengelolaan Pasar. Pihaknya hanya membantu melaksanakan proyek pembangunannya.

Editor : Akrom Hazami