SMK Al Hidayah Langon, jadi Satu-satunya Sekolah Pariwisata di Jepara

langon

Siswa SMK Al Hidayah, Langon, Jepara saat melakukan kegiatan wisuda. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – SMK Pariwisata Al Hidayah di Jalan Sultan Hadlirin Km 03 Rt 10 Rw V, Langon, Tahunan, Jepara menjadi satu-satunya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Pariwisata.

Tak hanya itu, sekolah itu juga untuk kali pertama melaksanakan wisuda di Tahun Ajaran 2015/2016, dan meluluskan 42 orang siswa/siswi pada Mei 2016 lalu.

Pengurus Yayasan Al Hidayah, Santoso menyatakan bahwa sesuai visi dan misi, program studi keahlian pariwisata Al Hidayah menekankan pada bidang penguasaan informasi dan kemampuan tentang ticketing, tour planning, guiding dan MICE.

Semua kompetensi keahlian ini diberikan untuk membekali peserta didik dengan ketrampilan pengetahuan dan sikap agar mumpuni di bidang pariwisata.

“Dalam praktiknya didukung beberapa fasilitas penunjang. Berupa gedung baru, laboratorium ticketing tour and travel, hot spot area dan pembelajaran komputer/IT, perpustakaan dan mobil operasional,” terang Santoso kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, guna mendukung kegiatan dan kemajuan siswa, SMK Pariwisata Al Hidayah juga memberikan berbagai ekstakurikuler dan beasiswa. SMK Al Hidayah juga bekerjasama langsung dengan Dinas Pariwisata dan berbagai dunia usaha dan industri yang ada di Jepara.

“Mengingat potensi pariwisata di Jepara sangat terbuka luas. Dan diharapkan mampu memberikan kontibusi yang besar terhadap perkembangan dunia pariwisata di Jepara,” ungkapnya.

Meski demikian, lanjutnya, potensi pariwisata ini sangat berbahaya manakala tidak dikelola oleh orang-orang yang cerdas, profesional dan beriman.

Terkait hal inilah, diharapkan keberadaan SMK Al Hidayah tidak hanya mampu menyiapkan dan melahirkan tenaga kepariwisataan yang terdidik dan terampil, tapi yang terpenting lagi adalah beraklakhul karimah.

Editor : Akrom Hazami