Jepara Terima Adipura ke-12 Berturut-turut, Petugas Kebersihan Diberi Bonus Rp 225 ribu

adipura

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi memberikan penghargaan kepada petugas kebersihan. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kabupaten Jepara kembali meraih penghargaan sebagai kota bersih, dengan menerima piala Adipura Kirana. Piala Adipura tersebut merupakan piala ke-12 yang diterima oleh Kota Ukir secara berturut-turut setiap tahunnya.

Berkat penghargaan itu, petugas kebersihan mendapatkan bonus uang sebesar Rp 225 ribu.

Bonus tersebut diberikan secara simbolis setelah acara arak-arakan piala Adipura tersebut. Diketahui, arak-arakan dilakukan dari perbatasan kota Jepara yakni dari Welahan menuju ke Pendapa Kabupaten Jepara.

“Ini merupakan penghargaan dari pemerintah pusat sebagai kota bersih. Penghargaan ini diperoleh berkat kerja keras dari para pahlawan kebersihan. Untuk diberikan cinderamata kepada petugas kebersihan sebesar Rp 225 ribu,” ujar Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Senin (25/7/2016).

Menurutnya,  cinderamata tersebut memang jumlahnya tidak seberapa, namun itu diberikan sebagai penghargaan kepada para pahlawan kebersihan yang selalu bekerja keras membersihkan sudut-sudut kota di Jepara.

“Ini jangan diterjemahkan macam-macam karena setiap kali mendapatkan Adipura, petugas kebersihan mendapatkan cinderamata dengan nominal yang memang tidak seberapa, tetapi nilainya besar karena sebuah penghargaan,” terangnya.

Hal itu juga disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara Aris Isnandar. Menurutnya, petugas kebersihan adalah pahlawan dalam meraih penghargaan sebagi kota bersih tersebut. Untuk itu sudah semestinya mendapatkan bonus atau penghargaan secara khusus kepada mereka.

“Kalau bisa dikasih yang banyak. Tetapi saya yakin pemkab pasti mempedulikan penghargaan kepada para petugas kebersihan ini,” terang Aris.

Dia menambahkan, dengan mendapatkan Adipura Kirana tahun ini diharapkan tahun yang akan datang lebih meningkat lagi, yakni Adipura Paripurna yang menggantikan Adipura Kencara tahun-tahun sebelumnya. Melalui penghargaan tersebut, dapat diartikan bahwa Pemkab Jepara peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Editor : Akrom Hazami