56 Proyek Jalan di Jepara Diperbaiki

jembatan

Jembatan Serong, Kota dalam kondisi rusak, direncanakan tahun ini jembatan sudah selesai diperbaiki. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

 MuriaNewsCom, Jepara – Program perbaikan infrastruktur terutama jalan masih berlangsung usai libur Lebaran lalu. Kali ini, masih ada 56 proyek perbaikan dan peningkatan jalan yang akan digarap.

Hal itu seperti yang disampaikan Kepala Dinas Bina Marga, Pengairan, dan ESDM (DBMP-ESDM) Jepara, Budiarto. Menurutnya, 56 proyek tersebut memang sebelumnya direncanakan mulai digarap setelah libur Lebaran.

“Total keseluruhan proyek yang bakal digarap terhitung mulai dilakukan setelah lebaran tidak kurang dari 56 proyek,” ujar Budiarto kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, sebanyak 56 proyek itu semuanya berupa perbaikan dan peningkatan infrastruktur, khususnya jalan raya milik Kabupaten Jepara. Selain peningkatan jalan ada juga pemeliharaan. Lokasinya di 211 lokasi.

Lebih detail, Kabid Bina Marga pada  DBMP-ESDM Hartaya menerangkan, jenis proyek yang bakal digarap itu.  Di antaranya peningkatan jalan, peningkatan hotmix, dan peningkatan beton. Termasuk juga perbaikan jembatan Serong, Kecamatan Kota.

”Mayoritas sudah mulai dikerjakan setelah Lebaran usai kemarin. Semua proyek itu ditargetkan selesai di 2016,” katanya.

Sejumlah lokasi peningkatan jalan yang bakal digarap itu meliputi kawasan perkotaan dan pedesaan. Diantaranya, Jalan Taman Siswa, Jalan Sunan Mantingan, Kawasan Destinasi Pariwisata, Jalan Mayong, dan lainnya yang sudah tidak layak.

Anggaran untuk peningkatan jalan tersebut, dikatakan Hartaya, berasal dari tiga sumber anggaran, yaitu Dana Anggaran Khusus (DAK), Bantuan Provinsi (Banprov), dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Editor : Akrom Hazami