Blangko E-KTP Habis, Petugas Disdukcapil Kudus Ambil Sendiri ke Jakarta

ktp 1

Warga mengantre untuk mendapatkan KTP di Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Blangko E KTP Kudus kembali habis,  Rabu (20/7/2016). Untuk mengambil blangko yang dipesan ke pemerintah pusat, Disdukcapil mengirimkan petugas untuk mengambilnya ke Jakarta dengan naik bus.

Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martono melalui Sekretaris Jumadi mengatakan, blangko habis semenjak Rabu pagi.

“Paling besok pagi sudah tiba, jadi blangko sudah dapat digunakan kembali. Namun blangko yang didapat jumlahnya terbatas, hanya 900 an saja,” katanya.

Jumlah yang terbatas diperkirakan habis kurang dari sepekan. Hal itu diasumsikan, tiap hari rata rata yang membuat KTP, baik itu membuat baru atau perpanjangan sekitar 300. Sehingga, jika hanya mendapatkan jatah 900 maka akan habis dalam waktu tiga hari saja.

Jumlah 900 tersebut, kata Jumadi adalah jumlah yang diberikan oleh pemerintah pusat. Sebab, stok yang menipis, sehingga dibagi dengan daerah yang mengalami hal serupa.

“Se Jateng habis semua. Jadi harus dibagi biar rata. Kecuali nanti kalau sudah ada cetak baru, dan stok yang banyak, maka bakal dikasih sesuai dengan permintaan,” ungkapnya.

Lantaran blangko habis, maka pemohon tidak dapat KTP. Melainkan hanya mendapatkan surat keterangan sementara, yang fungsinya sama degan KTP. Barulah ketika blangko tiba, maka akan dilakukan cetak untuk kemudian diambil oleh pemilik.

“Untuk rekam data masih berjalan, termasuk juga mobil keliling yang memberikan fasiltas pembuatan KTP tingkat kecamatan dan desa,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami