Gempa Bumi Dirasakan Sebagian Warga Keling Jepara

gempa bumi 2

 

MuriaNewsCom, Jepara – Gempa bumi kembali terjadi di wilayah Semenanjung Muria. Kali ini gempa terjadi dengan kekuatan 3,8 SR ini berpusat di koordinat 6,38 Lintang Selatan dan 111,12 Bujur Timur, tepatnya pada jarak 42 km timur laut Pati, pada kedalaman 18 kilometer, Senin (18/7/2016) pukul 19.50.59 WIB.

Meski jaraknya cukup jauh dari daratan Jepara, namun berdasarkan informasi yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, gempa juga dirasakan sebagian warga Kecamatan Keling Jepara.

“Pusat gempa sangat jauh dari Jepara. Lokasinya ada di timur laut Pati dan dekat dengan perairan Kalimantan. Tetapi sebagian warga di wilayah Keling juga merasakan ada getaran sekitar 2-3 detik,” ujar Kepala BPBD Jepara Lulus Suprayitno kepada MuriaNewsCom, Selasa (19/7/2016).

Menurutnya, gempa yang terjadi tidak membahayakan warga, termasuk nelayan. Pasalnya, saat gempa terjadi di laut, kondisi gelombang juga masih normal.

“Gelombang air laut normal, sekitar satu meter. Jadi tidak membahayakan. Untuk itu, warga tidak perlu cemas dan kuatir terhadap gempa itu,” katanya.

Seperti diberitakan,  Kepala Bidang Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai dampak gempa bumi. Namun demikian gempa bumi ini sangat menarik, karena di lokasi pusat gempabumi ini, pada 23 Oktober 2015 pernah diguncang gempabumi tektonik berkekuatan 5,0 SR.

Editor : Akrom Hazami