Harga Wortel dan Kentang di Jepara Tinggi

Pedagang menata barang dagangannya di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Pedagang menata barang dagangannya di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Pascaperayaan Idul Fitri tahun ini, sejumlah harga kebutuhan masyarakat terutama sayur-mayur masih tinggi. Kenaikan yang cukup mencolok adalah harga wortel dan kentang.

Kondisi itu terjadi di beberapa pasar. Salah satunya di pasar Jepara Satu (Ratu). Kenaikan harga wortel dari Rp 8 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp 30 ribu per kg.

Sedangkan untuk harga kentang, semula Rp 12 ribu per kg, kini menjadi Rp 25 ribu per kg. Sedangkan untuk jenis sayur mayur lainnya, kenaikan harga tidak begitu signifikan.

Salah seorang penjual sayur mayor di pasar Ratu, Nur Sa’diyah mengatakan, sampai saat ini harga sayur ada yang masih tinggi. Kenaikan harga tersebut terjadi sejak Lebaran lalu.

Kondisi ini berbeda dengan komoditas kebutuhan lain seperti daging sapi yang harganya sudah berangsur turun.

“Penurunan harga ini tidak berlaku untuk sayur-mayur. Harga sayuran seperti wortel dan kentang sampai saat ini masih tinggi sejak Lebaran kemarin.  Saat ini harga wotel mencapai Rp30 ribu per kg. Pada hari biasa dan sebelum Lebaran, harga wortel hanya Rp8.000 per kg. Harga kentang juga begitu, saat ini mencapai Rp25 ribu per kg. Padahal pada hari-hari biasa sekitar Rp12 ribu per kg” ujar Nur, Senin (11/7/2016).

Dia mengaku heran dengan tingginya harga sayur mayur. Dari sisi ketersediaan barang masih cukup banyak. Dia menduga kenaikan harga sayur-mayur itu karena dinaikkan dari para petani. Saat Lebaran petani membutuhkan biaya tambahan untuk menambah gaji para tenaga mereka saat panen dan yang lainnya.

Sementara dari pantauan MuriaNewsCom, yang mengalami penurunan harga justru bumbu dapur. Itu seperti cabai dan bawah merah. Rata-rata penurunan masing-masing jenis bumbu dapur mecapai Rp10 ribu per kg.

Selain itu juga daging sapi, sejak Minggu 10 Juli 2016 mulai turun Rp10 ribu per kg. Saat Lebaran sampai Sabtu 9 Juli 2016, harga daging mencapai Rp130 ribu per kg. Namun, sejak kemarin Minggu 10 Juli 2016, harga daging turun menjadi Rp120 ribu per kg.

Editor : Akrom Hazami