Ingin Kuat Puasa Seharian, Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur

f-makanan

  MuriaNewsCom, Kudus – Makanan yang kita konsumsi saat sahur berpengaruh besar dalam hal menjaga stamina tubuh saat sedang berpuasa. Jika makanan yang dikonsumsi tidak memiliki nilai gizi yang baik, maka tubuh Anda akan mudah lemas dan cepat lelah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Maryata mengatakan, puasa yang dilakukan seharian membutuhkan makanan yang tidak mudah dicerna. Hal itu akan membantu perut tetap terasa kenyang, sehinga kuat hingga berbuka.

“Seperti halnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah, serta sayur-sayuran. Jenis makanan itu, tidak dapat langsung dicerna melainkan membutuhkan proses yang agak lama. Makanan tersebut tidak cepat dicerna, dan juga memenuhi asupan gizi untuk kebutuhan tubuh. Makanan jenis itu juga memiliki serat yang cukup tinggi,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Selain makanan yang dapat menunjang agar tetap kuat untuk berpuasa, terdapat pula makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur. Makanan tersebut, dapat membuat orang yang puasa cepat lapar dan cepat haus.

“Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Sebab, dua minuman tersebut membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak dehidrasi,” ungkapnya

Dia menyarankan lebih banyak mengkonsumsi air mineral. Sebab, dapat mengobati haus dan butuh proses yang lumayan lama untuk haus lagi. Sebaliknya, makanan atau minuman manis akan membuat cepat haus.

Editor : Kholistiono