Hari Kedua, Ratusan Stan Dandangan Kudus Masih Kosong

Seorang pedagang tengah menata barang dagangannya menyambut datangnya dandangan. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Seorang pedagang tengah menata barang dagangannya menyambut datangnya dandangan. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Tradisi Dandangan yang berjalan tiap tahun, hari ini memasuki hari kedua. Meski demikian, ratusan stan Dandangan masih kosong di sejumlah titik lantaran belum didirikan stan oleh pedagang.

Plt Dinas Perdagangan Dan Pengelolaan Pasar (Dagsar) Sudiharti melalui Kasi PKL pada Dinas Dagsar Imam Santoso mengatakan, total stan yang masih belum berdiri mencapai 110 stan yang tersebar di sejumlah titik Dandangan.

”Kami tahun ini menyediakan 546 stan. Jumlah tersebut merupakan jumlah keseluruhan yang ada di Dandangan. Namun masih ada yang belum didirikan sampai 27 Mei sejumlah 110 kapling,” katanya kepad MuriaNewsCom.

Ia menyebutkan, stan yang masih kosongpaling banyak terdapat di Jalan Kiyai Telingsing, dengan stan yang kosong sejumlah 64. Padahal, Pemkab Kudus menyediakan stan sejumlah 85 kapling.

Hal itu, kata Imam, sangat wajar karena jalan tersebut merupakan jalan paling sepi peminat Dandangan ketimbang lokasi lainnya.

”Kalau buat parkir sangat pas, buktinya di sana banyak yang membuka jasa parkir ketimbang mendirikan stan,” ujarnya.

Lokasi lain, yang juga masih kosong adalah Jalan Pangeran Puger. Dari 62 kapling yang disiapkan terjual 25 kapling dan sisa 27 kapling. Sedangkan, untuk Jalan Dokter Ramelan, disiapkan sejumlah 69 kapling dan yang baru terisi 60.

”Daerah paling laris adalah Jalan Sunan Kudus, dari 330 kapling, semuanya sudah berdiri stan. Malahan semenjak buka dalam.waktu yang tidak lama sudah penuh pendaftar,” imbuhnya.

Editor: Supriyadi