KPU Jepara: Penetapan Persyaratan Jumlah KTP Bagi Calon Independen Mengacu Pada Aturan MK

 

Komisiner KPU Jepara Anik Sholihatun dalam konferensi pers di kantor KPU Jepara, Selasa (24/5/2016). (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Komisiner KPU Jepara Anik Sholihatun dalam konferensi pers di kantor KPU Jepara, Selasa (24/5/2016). (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Alih-alih diringankannya aturan persyaratan dukungan bagi bakal calon independen atau perseorangan, melalui keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 60/PUU-VIII/2015, justru menjadi semakin berat bagi bakal calon perseorangan di Pilbup Jepara 2017.

Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara memperkirakan jumlah dukungan ada di kisaran 54 ribu, karena persentasenya diambil 6,5 persen dari jumlah penduduk. Namun, setelah aturan lama diganti melalui keputusan MK tersebut, kini persentasenya berubah menjadi 7,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilu sebelumnya.

”Kabupaten Jepara kemudian menjadi unik dibanding yang lain. Sebab, spirit keputusan MK tersebut adalah untuk meringankan. Tetapi untuk Jepara justru malah memberatkan,” kata salah satu komisiner KPU Jepara Anik Sholihatun dalam konferensi pers di kantor KPU Jepara, Selasa (24/5/2016).

Lebih lanjut dia menjelaskan, pada Pemilu terakhir, yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 lalu, jumlah DPT Jepara berjumlah 841.574 pemilih. Karena kurang dari satu juta DPT, berdasarkan keputusan MK tersebut, maka jumlah dukungan untuk calon perseorangan adalah 7,5 persen dari jumlah DPT dalam Pemilu terakhir.

”Atas dasar itu, maka jumlah dukungan untuk calon independen untuk Jepara berjumlah 63.119,” terangnya.

Besarnya jumlah dukungan yang harus dibuktikan dengan fotocopy kartu identitas dan pengisian formulir ketersediaan tersebut membuat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara yang melalui jalur perseorangan diminta untuk bergerak lebih cepat. Terlebih, menurut dia, calon tersebut masih dibebani dengan persyaratan lainnya. Yakni jumlah dukungan tersebut harus tersebar minimal di 9 kecamatan dari 16 kecamatan di Jepara.

Dia menambahkan, persyaratan dukungan tersebut secara keseluruhan harus terpenuhi saat pendaftaran yang dimulai pada 6 Agustus dan paling lambat hingga 10 Agustus 2016. Jika persyaratan tersebut tak terpenuhi, maka secara otomatis pencalonan gagal. Sebab tak bisa dilakukan verifikasi administratif maupun verifikasi faktual.

Editor: Supriyadi

BACA JUGA: Syarat Calon Independen di Pilbup Jepara 2017 Minimal 63.119 KTP