Sunan Kudus Selalu Ditunggu Warga Jelang Awal Ramadan

Warga meramaikan tradisi Dandangan di Kudus. (MuriaNewsCom)

Warga meramaikan tradisi Dandangan di Kudus. (MuriaNewsCom)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Dari beberapa sumber yang dihimpun, biasanya Sunan Kudus selalu ditunggu warga setempat, dan luar kota, guna menentukan awal Ramadan. Hal itulah yang menjadi dasar sejarah adanya tradisi jelang Ramadan. Yang disebut Dandangan.

Dandangan sampai saat ini terus diadakan. Bahkan, kecenderungannya selalu ramai setiap tahunnya. Tidak hanya warga Kudus. Namun juga warga luar kota. Seperti dari Kendal, Semarang, Demak, Pati, Jepara, Rembang, bahkan sampai luar provinsi kerap hadir di Dandangan.

Konon, pada zaman Sunan Kudus atau Syeh Ja’far Shodiq, setiap menjelang bulan puasa, masyarakat berbondong-bondong datang ke Masjid Menara untuk mendengarkan dan melihat ditabuhnya bedug sebagai pertanda datangnya pengumuman hari pertama puasa. Ratusan santri Sunan Kudus berkumpul di Masjid Menara menunggu pengumuman dari Sunan Kudus tentang awal puasa.

Kondisi keramaian dadakan itulah yang dimanfaatkan pedagang. Mereka biasanya berjualan mulai dua minggu sebelum puasa hingga malam hari menjelang puasa.

Yang jelas, tradisi Dandangan diadakan setiap tahun menjelang bulan Ramadan.

Tahun ini, Dandangan diadakan 26 Mei sampai H-1 jelang Ramadan. Jadi, silakan ramaikan tradisi yang masih dilestarikan itu.

Editor : Akrom Hazami