Mantap, Kwarcab Grobogan Sekarang Punya 44 Pramuka Garuda Baru

Ketua Kwarcab 11 15 Grobogan Icek Baskoro saat melantik anggota Pramuka Garuda di SMPN 1 Wirosari. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Ketua Kwarcab 11 15 Grobogan Icek Baskoro saat melantik anggota Pramuka Garuda di SMPN 1 Wirosari. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Para Pramuka Garuda diminta menjadi teladan dan motivator bagi teman sebayanya maupun lingkungannya. Hal itu disampaikan Ketua Kwarcab 11 15 Grobogan Icek Baskoro saat melantik anggota Pramuka Garuda di SMPN 1 Wirosari, Senin (23/5/2016).

Menurut Icek, Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dalam golongan kepramukaan. Untuk menyandang predikat tersebut, seorang pramuka harus menjalani serangkaian ujian yang cukup berat.

“Untuk bisa jadi Pramuka Garuda tidak hanya kemampuan di bidang kepramukaan saja yang dinilai. Tetapi ada penilaian materi lain, seperti kepribadian, kecakapan, lingkungan, jasmani dan rohani,” tegas mantan Wakil Bupati Grobogan itu.

Saat ini, Kwarcab Grobogan sudah memiliki 44 Pramuka Garuda baru. Terdiri dari 6 pramuka garuda golongan siaga, 34 golongan penggalang, dan 4 golongan penegak. Mereka ini dinyatakan lulus dalam seleksi Pramuka Garuda yang dilangsungkan pertengahan April 2016 lalu.

Icek meminta pada para anggota Pramuka Garuda diminta untuk mengamalkan ilmu yang didapat selama ini pada orang lain. Sebab, jika disimpan saja dalam teori maka ilmu tersebut tidak akan mendatangkan manfaat.

Humas Kwarcab Grobogan Hariyanto menambahkan, seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya dan telah memenuhi persyaratan SKK Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada kwartir melalui Pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda.

Diharapkan, pada tahun-tahun mendatang ada banyak lagi Pramuka Garuda baru di Grobogan.

Editor : Akrom Hazami