Gading Gajah Sepanjang 3 Meter jadi Idola Baru Pengunjung Museum Banjarejo

gading gajah purbaaa e

Warga melihat fosil gading gajah di Banjarejo Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Satu koleksi benda purbakala yang ada di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus menjadi idola pengunjung yang datang. Yakni, gading gajah purba yang panjangnya hampir mencapai 3 meter.

Gading gajah purba ini ditemukan tim ahli dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran (22/3/2016) saat melakukan observasi di Banjarejo. Saat diangkat dari dalam tanah, gading itu patah menjadi 10 potongan.

“Karena patah, gading ini kemudian dibawa ke Sangiran untuk direkonstruksi. Sekarang, gading ini sudah berhasil disatukan lagi. Ukurannya memang istimewa, panjangnya mencapai 2,83 meter, dengan lebar bagian bawah 15 cm dan ujungnya 5 cm,” ungkap Kades Banjarejo Ahmad Taufik.

Menurutnya, sebelumnya sudah ada satu gading yang ditemukan. Ukurannya lebih pendek, sekitar 2,17 cm. Sedangkan satu gading terakhir yang ditemukan ukurannya hanya sekitar 70 cm.

Yakni, hanya bagian ujungnya saja yang utuh. Sementara bagian tengah hingga pangkal sudah lapuk jadi tanah.

“Jadi koleksi gadingnya sekarang ada tiga. Dua gading bentuknya utuh dan satu lagi cuma sepertiga bagian saja. Ketiga gading gajah purba ini usianya sudah jutaan tahun,” cetusnya.

Adanya gading tersebut memang makin mengundang daya tarik para pengunjung. Rata-rata para pengunjung pasti menyempatkan foto dan menanyakan soal gading tersebut.

Sebelumnya, benda purbakala yang jadi andalan untuk dilihat pengunjung adalah fosil kepala kerbau raksasa. Selain usianya sudah mencapai jutaan tahun, ukuran fosil kepala kerbau yang ditemukan Rabu (9/9/2015) lalu, juga sangat besar.

Dimana, panjang antar ujung tanduk mencapai 170 cm. Kemudian tinggi tulang bagian kepala mencapai 60 cm dengan lebar 25 cm. Sedangkan panjang tiap tanduk sekitar 115 cm.

Editor : Akrom Hazami