Asyik, Listrik Karimunjawa Bakal Nyala 24 Jam Mulai Awal Juni 2016

Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Jepara – Persoalan energi listrik di destinasi wisata Jawa Tengah, Karimunjawa segera teratasi. Jika sebelumnya listrik di wilayah terluar Kabupaten Jepara itu menyala hanya setengah hari, dipastikan akan menyala 24 jam mulai awal Juni 2016 nanti.

Kepastian tersebut dikatakan oleh Humas PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Kudus, Arif Suryadi. Menurut dia, segala infrastruktur dan fasilitas pendukung sudah siap dioperasikan. Termasuk jaringan listrik yang sudah siap mengalirkan energi ke rumah-rumah warga.

”Listrik di pulau besar Karimunjawa yang di dalamnya terdapat di Desa Kemojan dan Karimunjawa akan menyala selama 24 jam mulai 3 Juni mendatang. Kami sudah bisa pastikan. Sebab nanti akan ada launching penyalahan listrik 24 jam di sana,” ujar Arif kepada MuriaNewsCom, Senin (23/5/2016).

Menurutnya, menyalanya listrik selama 24 jam tersebut seperti yang dijanjikan PLN sebelumnya pada saat serah terima secara resmi pada awal Januari 2016 lalu. Saat ini, pihaknya menjanjikan pertengahan tahun warga Karimunjawa akan bisa menikmati listrik sebagaimana di daratan Jepara.

”Tetapi untuk Pulau Parang dan Pulau Nyamuk memang belum bisa sebagaimana di Pulau Besar Karimunjawa. Sebab, untuk Pulau Parang dan Nyamuk masih dikelola PLTD lama. Entah anggaran tahun keberapa nanti akan juga dikelola sebagaimana di Desa Kemojan maupun Karimunjawa,” ungkapnya.

Semua fasilitas dan infrastruktur untuk mengalirkan energi listrik ke dua ribu pelanggan di sana, lanjut Arif, sudah siap dioperasikan.

”Misalnya sumber pembangkit dan kabel transmisi. Sumber listrik masih menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), namun memiliki daya yang lebih besar dari PLTD yang lama. Sumber energi tersebut ditempatkan di Legon Bajak Dukuh Tlaga Desa Kemojan,” katana.

Sedangkan untuk ujung tegangan, kata dia, berada di Desa Karimunjawa. Semua komponen saat ini sudah dikoneksikan ke kabel transmisi sistem 20 Kv ke pelanggan. Diharapkan agenda sesuai rencana sebagaimana harapan masyarakat.

Editor: Supriyadi