Siswa SMP di Kudus Ogah Terima Bantuan KIP, Dana Senilai Rp 3,4 Miliar Tak Tersalurkan

Kabid Dikdas pada Disdikpora Kudus Kasmudi. (MuriaNewsCom)

Kabid Dikdas pada Disdikpora Kudus Kasmudi. (MuriaNewsCom)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Dana bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk Kabupaten Kudus senilai Rp 3,44 miliar dari pemerintah pusat tahun 2015 tak tersalurkan. Ini lantaran siswa penerima KIP ogah mengambil dana tersebut tanpa alasan jelas.

Kabid Dikdas pada Disdikpora Kudus Kasmudi mengungkapkan, bantuan pendidikan tersebut merupakan bantuan yang diberikan tahun 2015 lalu, dengan sasaran 4.588 siswa SMP yang tersebar di 20 SMP di Kudus.

”Ini khusus SMP saja. Sedang bantuan yang diterima, nominalnya adalah Rp 750 ribu untuk tiap siswanya,” katanya kepada MuriaNewsCom

Hanya, ribuan siswa tersebut tidak mengambil bantuan tersebut. Padahal dana tersebut sudah diketahui pihak sekolah. ”Kalau mengenai alasan kenapa sampai tidak mengambil, hingga kini belum diketahui. Karena penyalurannya langsung ke sekolah,” ujarnya.

Meski begitu, bantuan tersebut masih digulirkan tahun ini. Namun, prosesnya berbeda dibanding tahun lalu. Untuk proses KIP tahun ini sedang [roses distribusi, yang langsung diberikan ke siswa melalui keluarga.

”Makanya kami tidak tahu jumlah persis penerimanya. Yang pasti, data yang ada sekarang sejumlah empat ribuan itu yang belum mencairkan,” ujarnya.

Editor: Supriyadi