Pedagang Pasar Kliwon Siap Pasang ‘Mata’ Awasi Pin dan Gambar PKI

Salah satu selebaran sekaligus imbauan HPPK kepada pedagang untuk waspada dengan barang-barang berbau PKI. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Salah satu selebaran sekaligus imbauan HPPK kepada pedagang untuk waspada dengan barang-barang berbau PKI. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Ratusan pedagang Pasar Kliwon yang tergabung dalam Himpunan Pedagang Pasar Kliwon (HPPK) bakal pasang mata untuk ikut mengawasi adanya pin atau pakaian bergambar atribut PKI.

Ketua HPPK Sulistyanto mengatakan, selebaran mengenai imbauan dan pengawasan sudah disebarkan kepada pedagang di pasar nomor satu di Kudus tersebut. Bahkan, imbauan juga ditempelkan ke beberapa ruas titik untuk mengingatkan pedagang.

”Kami mewaspadai adanya hal-hal semacam itu (PKI). Sehingga kami membuat pedagang untuk cermat dengan dagangan yang dibeli, mulai pakaian, pin, gambar, mainan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan PKI,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Sebagai pusat grosir yang pembelinya bukan hanya dari Kudus, tentunya barang yang masuk cukup banyak. Untuk itulah pedagang diminta waspada dengan atribut yang berhubungan dengan PKI.

”Kami juga meminta kepada pengunjung pasar, jika melihat barang demikian dapat segera lapor kepada petugas atau pemilik barang dan penjual,” ujarnya.

Dalam imbauan yang dibagikan, HPPK juga mengingatkan agar langsung melaporkan jika ada yang mengajak atau bernaung menjadi PKI. Tidak hanya lapor kepada petugas pasar, melainkan dapat langsung lapor kepada petugas kepolisan dan juga kodim.

“Ini juga termasuk tugaskan kami. Jadi kami juga memantau perkembangan PKI dan membentengi agar tidak masuk kedalam pasar dalam wujud apapun,” imbuhnya.

Dia menambahkan, pengumuman tersebut merupakan pengumuman yang mengikat seluruh pedagang di Pasar Kliwon. Sehingga, ribuan pedagang bertugas untuk bersama mengawasinya.

Editor: Supriyadi