Tiga Siswa Luar Biasa di Jepara Ikuti UN SMP

Tiga Siswa SMPLB di Jepara mengikuti UN hari pertama, Senin (9/5/2016). (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Tiga Siswa SMPLB di Jepara mengikuti UN hari pertama, Senin (9/5/2016). (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Tiga siswa yang sekolah di SMP Luar Biasa (SMPLB) di Kabupaten Jepara mengikuti Ujian Nasional (UN). Sedangkan siswa yang lainnya, hanya mengikuti ujian sekolah.

“Tahun ini hanya tiga siswa yang mengikuti UN. Sedangkan siswa lainnya, yakni 16 siswa hanya mengikuti ujian sekolah saja,” ujar Kepala Sekolah LB, Suwandi kepada MuriaNewsCom, Senin (9/5/2016).

Menurut dia, siswa yang bisa mengikuti UN hanya ada tiga kategori, yakni tuna rungu, tuna netra, dan tuna daksa. Sedangkan tuna grahita hanya ujian sekolah.

Hanya, untuk di Jepara, ketiga siswa yang mengikuti UN merupakan siswa tuna rungu. Sementara, 16 siswa tuna grahita sehingga hanya mengikuti ujian sekolah.

”Kebetulan tahun ini siswa kami hanya tuna rungu, Untuk siswa yang tuna grahita hanya mengikuti ujian sekolah,” kata Suwandi.

Dia menambahkan, siswa tuna grahita tidak mengikuti UN, karena kemampuan berfikir anak-anak tersebut di bawah rata-rata. Nantinya, setelah lulus dari SMPLB, siswa tuna grahita tidak dapat melanjutkan ke sekolah reguler.

“Tapi kalau tuna rungu, tuna netra, dan tuna daksa kalau nilainya bagus bisa melanjutkan ke SMA reguler, tidak harus di SMALB,” imbuh Suwandi.

Editor: Supriyadi