Libur Panjang, Masyarakat Karimunjawa Kebanjiran Berkah

Pengunjung Karimunjawa tengah bersantai di salah satu penginapan di Karimunjawa. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Pengunjung Karimunjawa tengah bersantai di salah satu penginapan di Karimunjawa. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara diserbu ribuan wisatawan baik lokal, regional bahkan mancanegara pada momen libur panjang dan akhir pekan ini. Kondisi itu membawa berkah tersendiri bagi warga masyarakat yang tinggal di sana.

Warga yang ketiban berkah tidak hanya yang berjualan makanan maupun barang-barang lainnya. Tetapi juga sebagian warga yang membuka jasa biro perjalanan pariwisata. Tak hanya itu, pemilik hotel dan homestay yang ada di Karimunjawa juga kebanjiran berkah, lantaran usaha mereka laris manis.

Hal itu seperti yang disampaikan salah satu pemilik biro pariwisata di Karimunjawa, Djati Utama. Menurutnya, ramainya wisatawan yang berkunjung ke kepulauan terluar di Kabupaten Jepara, juga dirasakan berkahnya bagi pemilik homestay maupun hotel yang ada di Karimunjawa. Karena selama liburan panjang akhir pekan ini penginapan dipenuhi tamu yang berlibur.

”Tak hanya itu para pedagang kaki lima ataupun penjaja kuliner yang berjualan di Alun Alun Karimunjawa juga ikut menikmati berkahnya,” ujar Djati.

Dia menambahkan, lonjakan wisatawan yang berlibur ke Karimunjawa diperkirakan akan terus bertambah. Tidak hanya masa libur panjang akhir pekan ini, tetapi diperkirakan hingga bulan Juli mendatang ketika musim liburan sekolah.

”Peningkatan wisatawan sebetulnya sudah terlihat pasca musim baratan lalu. Namun lonjakan wisatawan yang sangat signifikan juga terjadi dim omen-momen khusus seperti libur panjang ini,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Fadilla, warga Karimunjawa yang membuka stand untuk berjualan kelontong. Menurut dia, banyaknya wisatawan membuat pembeli jajan semakin banyak.

”Alhamdulillah, jualannya lancar. Banyak pengunjung yang datang kesini (Karimunjawa) dan membeli makanan maupun minuman,” katanya.

Editor : Supriyadi