Didatangi Petugas Sensus Ekonomi, Pedagang malah Ketakutan

Salah satu pedagang Pasar Bitingan Kudus didatangi petugas sensus untuk didata usahanya. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Salah satu pedagang Pasar Bitingan Kudus didatangi petugas sensus untuk didata usahanya. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Salah satu pedagang yang berada di Pasar Bitingan Kudus Sri (50) mengatakan bahwa dirinya masih takut menjawab pertanyaan dari petugas Sensus Ekonomi.

“Kami memang masih belum paham. Tak kira ya petugas pajak atau pemungut retribusi yang baru. Sehingga terkadang saya juga masih belum tahu,” kata Sri usai ditemui petugas Sensus Ekonomi.

Pedagang merasa takut dengan adanya petugas sensus. Karenanya, mereka memilih untuk menjawab pertanyaaan yang dilontarkan secara singkat.

“Kecualai kalau di sini ada anak laki-laki atau suami saya, maka dia akan bisa berani menjawab pertanyaan itu. Sebab rata-rata perempuan itu takut bila didatangi petugas berseragam. Apalagi petugas itu katanya dari BPS. Lha wong saya juga tidak tahu, tidak paham BPS itu apa?,” ujarnya.

Dia menambahkan, setelah dijelaskan oleh petugas sensus ini lantaran kegiatan ini tidak ada hubungannya dengan pajak, kenaikan retibusi pasar atau sejenisnya, maka para pedagang baru bisa terbuka.

“Nanti akan kita informasikan ke teman pedagang lain kalau gitu. Dan katanya kegiatan itu berkaiatan dengan pendataan usaha,” tegasnya.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :

Ada-Ada Saja, Petugas Sensus Ekonomi di Kudus Ini Dikira Penarik Retribusi Pasar