Mi Daun Kelor Bikinan Warga Pati Bisa Obati Asam Urat dan Antikanker

Muryati menunjukkan menu mi daun kelor buatannya yang dijual di Pasar Pragola Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Muryati menunjukkan menu mi daun kelor buatannya yang dijual di Pasar Pragola Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Tanaman kelor yang banyak dijumpai di ladang dan pekarangan rumah ternyata menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Padahal, tanaman ini biasanya hanya digunakan pakan ternak dan kayu bakar.

Potensi itu yang dimanfaatkan Muryati, warga Desa Kedungbulus, Kecamatan Gembong untuk membuat mi daun kelor yang kaya akan manfaat. Rasanya pun tak kalah dengan mi rebus atau goreng seperti umumnya.

Sebelum dimasak menjadi mi olahan, mi daun kelor memiliki warna hijau tua mencolok yang sangat cantik. Bau khas kelor alami juga bisa dirasakan ketika dimakan.

“Suami saya suka dengan sayur daun kelor. Tak lama mengonsumsi, asam urat yang lama dikeluhkan dan susah diobati ternyata hilang dengan sendirinya. Biar lebih bervariatif, saya memutuskan untuk membuat mi daun kelor. Kemudian, saya berpikir kenapa tidak dijual sekalian karena belum ada yang jual,” kata Muryati saat berbincang dengan MuriaNewsCom, Jumat (6/5/2016).

Ia menambahkan, kelor sebetulnya sudah lama dikenal sebagai tanaman yang bisa mencegah beragam penyakit ganas. Misalnya, jantung, antikanker, dan antidiabetes.

Karena itu, mi daun olahannya diharapkan bisa meningkatkan kesehatan bagi pelanggannya. Dalam sehari, menu unik dari warung makan Mahakarya Mulya di Pasar Pragola Pati itu habis terjual sekitar 60 porsi.

“Mungkin pelanggan belum tahu. Sejumlah pelanggan ada yang sudah beberapa kali datang. Kami patok seperti harga mi pada umumnya, yaitu Rp 8 ribu per porsi dengan toping dari jamur tiram. Biasanya, toping dari suwiran ayam, tapi saya ganti jamur tiram,” pungkasnya.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :

Unik! Warga Pati Buat Mi Hijau dari Daun KelorĀ