Antisipasi Listrik Mati, SMP di Kudus Diminta Sewa Genset dengan Dana BOS

Salah satu sekolah tengah menyediakan genset untukmengantisipasi adanya pemadaman listrik saat UNBK. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Salah satu sekolah tengah menyediakan genset untukmengantisipasi adanya pemadaman listrik saat UNBK. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus menginstruksikan agar sekolah yang melangsungkan kegiatan Ujian Nasional (UN) SMP sederajat untuk menyewa genset. Khususnya, sekolah yang menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sebab UNBK sangat tergantung dengan listrik.

Sekretaris Disdikpora Kudus Hartono mengatakan, saat ini kendala listrik padam memang sering terjadi di Kudus. Karena itu, ia menghimbau agar sekolah dapat menyediakan genset.

“Sebenarnya kami sudah menyurati PLN. PLN juga berjanji tidak memadamkan listik selama UN. Namun, faktor alam tidak dapat dihindari, sehingga perlu juga diwaspadai,” katanya kepada MuriaNewsCom

Menurutnya, jika tidak disediakan, dikhawatirkan UN akan tertunda. Dan jika waktunya selesai maka hanya jawaban yang sudah terpilih yang masuk dan terkirim.

Sementara, Kabid Dikdas pada Disdikpora Kudus Kasmudi meminta, sekolah tidak perlu risau dengan sewa genset. Sebab, sewa dapat menggunakan dana BOS.

”Sekolah bisa menggunakan BOS. Itu kan untuk kepentingan sekolah. Apalagi UNBK yang memang mengandalkan listrik,” ungkapnya.

Selain listrik, sebenarnya kendala adalah pada server internet. Namun pihak dinas juga sudah menyurati pihak telkom guna kelancaran internet. Selain itu, pihak sekolah juga dapat menyediakan lebih dari dua server, agar jika satu rusak masih bisa digunakan server lainnya.

Editor: Supriyadi

BACA JUGA: Duh, Hanya ada 2 SMP di Kudus yang Gelar UN Berbasis Komputer